Grup Neraka? Menilik Peluang Indonesia di Grup D Piala Asia 2023

VOKALOKA.COM - Drawing Piala Asia 2023 telah dilaksanakan pada 11 Mei, di Katara Open House, Doha, Qatar pada pukul 14.00 waktu setempat atau pukul 18.00 WIB.


Hasil drawingnya, Indonesia segrup dengan Vietnam, Irak, dan Jepang di grup D. Ajang tersebut akan dimainkan di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024. Ada 24 negara yang akan bertanding di ajang paling bergengsi se-Asia nantinya, dari 24 negara akan diambil juara grup, runner-up, dan 4 peringkat terbaik dari masing-masing grup.


Melihat harapan dari grup D, layak disebut bahwa Timnas Indonesia terjerumus di grup neraka. Namun bola tetap bundar, segala kemungkinan bakal mungkin terjadi jika usaha dan doa dilakukan dengan sungguh-sungguh baik dari para pemain Timnas, maupun seluruh rakyat Indonesia.


Berikut alasan Mengapa Timnas Indonesia disebut tergabung di grup neraka:

1. Jepang

Jepang menjadi negara tersukses di ajang Piala Asia dengan 4 gelar juara di tahun 1992, 2000, 2004, dan 2011. Negara dengan julukan samurai biru tersebut di gelaran Piala Asia terakhir pada 2019 kalah di partai final oleh Qatar, sekaligus jadi gelar pertama bagi Qatar.

Samurai biru yang saat ini menempati peringkat 20 di peringkat FIFA, tentunya bakal serius menghadapi Piala Asia kali ini, karena diperkuat pemain pemain yang sedang naik daun di Eropa, diantaranya Kauro Mitoma di Brighton and Hove Albion, Tomiyasu di Arsenal, dan Takefusa Kubo di Real Sociedad. 

Apalagi hasil positif dengan menembus 16 besar di Piala Dunia 2022 di Qatar lalu, menjadi bekal yang bagus di gelaran Piala Asia 2023. Dengan total 10 penampilan di seluruh Piala Asia tentunya Jepang bakal diunggulkan di Piala Asia kali ini.


2. Irak

Irak dengan 7 penampilan di Piala Asia sejak pertama kali ikut di 1976, dan hasil terbaik yaitu juara di tahun 2007 ketika tuan rumah di 4 negara Asean (Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam).

Penampilan terakhirnya di Piala Asia 2019 lalu, Irak harus terhenti oleh sang juara Qatar, di babak 16 besar dengan skor tipis 0-1.  

Negara Irak yang berada di 67 peringkat FIFA,  tentunya bakal mencoba memperbaiki hasil sebelumnya dengan bersaing di grup D. 


3. Vietnam

Negara dengan julukan bintang emas ini baru tampil 2 kali, di Piala Asia terakhir Vietnam gugur di babak perempat final setelah ditaklukkan Jepang dengan skor tipis 0-1. 

Vietnam yang bertengger di posisi 95 rangking FIFA terbaru, pastinya akan memperbaiki diri dengan skuad yang lebih baik. 


4. Indonesia

Indonesia dengan peluang paling kecil untuk lolos di grup karena baru tampil lagi di Piala Asia sejak terakhir kali tampil pada 2007 ketika menjadi tuan rumah. Tentunya akan berjuang untuk memperbaiki hasil sebelumnya ketika 2007 yang terhenti di babak grup.

Pasukan Garuda yang saat ini bertengger di peringkat 151 FIFA pastinya tak mau hanya menjadi pelengkap di Piala Asia nanti, apalagi di kualifikasi menuju Piala Asia, Indonesia punya bekal dengan mengalahkan Kuwait dan menahan imbang Jordania. 

Hasil terbaik yang dihasilkan Timnas Indonesia hanya menjadi pelengkap di Piala Asia karena hanya mentok di babak grup dari 5 edisi di (1996, 2000, 2004, dan 2007).

Patut dinantikan kembalinya Indonesia di ajang paling bergengsi se-Asia, apakah mampu mengejutkan dengan lolos dari grup atau karena kurangnya pengalaman membuat Indonesia terseok-seok di fase grup.


Apa pendapatmu vokalovers?


Rayza Fauzan/Vokaloka

No comments

Post a Comment