Minum Air Putih, Hal Sederhana yang Sering Terlalaikan

VOKALOKA.COM - Air merupakan salah satu unsur terpenting bagi kehidupan kita di dunia. Kita sebagai manusia merupakan makhluk hidup yang sangat membutuhkan air bagi kehidupannya, sangat disarankan agar manusia mengonsumsi air minum, khususnya air putih, secara rutin. Setiap orang akan memiliki suatu kebutuhan air yang berbeda-beda, tergantung pada kegiatan fisik, berat badan, usia, iklim, dan pola makan.

Setiap manusia diwajibkan untuk mengkonsumsi air minimal 8 Gelas per hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Minum air putih juga dapat membantu pembuangan racun dan hasil metobolisme pun akan lebih lancar. Hal ini akan membantu kita terhindar dari penyakit maag dan sembelit serta manfaat lainnya. Namun seringkali kita terlalu sibuk dan dilalaikan oleh berbagai  aktifitas.

Asupan air yang kurang di dalam tubuh akan berdampak negatif bagi kesehatan. Salah satu dampak tersebut adalah menganggu fungsi ginjal. Hidrasi yang baik dapat memperlancar fungsi kerja ginjal untuk mengeluarkan racun-racun di tubuh.  Selain itu kekurangan air juga dapat mengurangi konsentrasi  karena asupan air yang kurang pada otak, membuat kulit menjadi kusam, menyebabkan infeksi kandung kemih, dan lain-lain. Oleh karena itu, penting bagi manusia untuk mengisi kembali cairan dalam tubuhnya. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat air putih lainnya untuk kesehatan:
1. Mencegah dehidrasi
2. Menjaga kesehatan sendi dan otot
3. Menurunkan berat badan
4. Memelihara kesehatan kulit
5. Menjaga konsentrasi
6. Menjaga kesehatan pencernaan
7. Mencegah batu ginjal
8. Mencegah Penyakit Kardiovaskular
9. Meningkatkan Stamina
10. Menjaga tekanan darah

Kita sering kali melupakan peran penting air putih bagi kehidupan. Namun, setelah kita mengetahui manfaaf dari mengonsumsi air putih. Ayo kita mempertinggi pola hidup yang sehat dengan mengonsumsi air yang cukup setiap harinya. Konsumsi air putih yang sehat bagi tubuh dan mengurangi konsumsi minuman berwarna yang mengandung kafeina dan gula yang dapat membahayakan tubuh.



Muthi Muthmainah/Vokaloka

No comments

Post a Comment