Resmi! Dandy Dharmawan Terpilih Sebagai Ketua Umum HMJ KPI UIN Bandung

 


Vokaloka.com, Bandung – Dandy Dharmawan telah secara resmi terpilih sebagai Ketua Umum HMJ KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk masa bakti 2023/2024, setelah melewati Musyawarah Komisariat yang diadakan oleh HMJ KPI UIN Bandung pada periode sebelumnya di Kampus Satu UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada hari Selasa, (04/04/2023).


Pada acara Musyawarah Komisariat tersebut, Dandy Dharmawan berhasil unggul dengan selisih dua suara dari pesaingnya, Hamiduddin Nasir. Perjalanan Musyawarah Komisariat tersebut cukup alot karena sempat terhenti selama 2x24 jam karena adanya beberapa kejanggalan dan tidak ditemukannya titik terang pada saat sidang komisi tiga.

Pada awalnya, Musyawarah Komisariat (Muskom) berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti. Acara diawali dengan laporan pertanggungjawaban dari HMJ KPI UIN Bandung periode sebelumnya, pada hari Sabtu (1/4/2023) pukul 15.30 WIB. Setelah itu, Presidium sidang membagi peserta forum menjadi tiga komisi untuk membahas topik-topik tertentu yang telah ditentukan sebelumnya oleh Presidium.

Pada saat pemaparan dari sidang komisi tiga tentang mekanisme pemilihan Ketua Umum, terjadi adu argumen sengit antara Alief Aminullah dan Ahmad Nabil, keduanya merupakan anggota forum. Alief bersikeras atas argumennya bahwa sistem pemilihan Ketua Umum di KPI sudah tidak relevan dan tidak lagi merepresentasikan suara masyarakat KPI. Sementara Ahmad Nabil merasa bahwa pandangan tersebut tidak menghormati AD/ART dari organisasi internal tertinggi di UIN Bandung.

Setelah tidak menemukan kesepakatan dan situasinya semakin tidak kondusif, karena waktu sudah menunjukkan pukul satu malam dan keadaan semakin kacau, Presidium Satu yang dipimpin oleh Cahya Azzahra memutuskan untuk menunda sidang selama 2x24 jam, atas permintaan dari Hamiduddin Nasir. Keputusan tersebut diambil mengingat situasi yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan sidang pada saat itu.

Sidang kembali dilanjut pada hari Selasa (4/4/2023) di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada siang hari. Setelah skorsing yang dilaksanakan selama dua hari, anggota forum tidak ingin melakukan kesalahan yang sama dan menemui titik terang untuk mekanisme pemilihan ketua umum, sidang berjalan lancar dan tidak menemui hambatan yang mengganggu, mahasiswa KPI 6A yang berasal dari Cileunyi Dandy Dharmawan terpilih usai mengalahkan pesaingnya dari 6B asal Cianjur, Hamiduddin Nasir melalui pemungutan suara keterwakilan dengan suara akhir 6 untuk Hamiduddin Nasir dan 8 untuk Dandy Dharmawan.

"Terimakasih kepada teman-teman yang sudah mempercayai saya sebagai ketua umum HMJ KPI UIN Bandung masa bakti 2023/2024, saya minta momentum panas di Musyawarah Komisariat ini jangan dibawa terlalu dalam dan saya minta kita semua fokus kembali kepada tujuan kita untuk membesarkan jurusan ini." Ungkap Dandy Dharmawan dalam sambutannya.

Meskipun demikian, terdapat banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Ketua Umum terpilih, termasuk menangani sifat kekeluargaan yang terlihat memudar setelah terjadinya Musyawarah Komisariat HMJ KPI UIN Bandung 2023 yang dipenuhi dengan egoisme dan kepentingan pribadi.

 


Reporter: Tazkiatun/Vokaloka

Editor: Rayza

No comments

Post a Comment