Dampak Buruk Bermain Hp bagi Kesehatan

VOKALOKA.COM - Pada dasarnya bermain hp terlalu lama bisa berdampak negatif bagi kesehatan kita. Biasanya kita terlalu asik bermain hp, sampe lupa itu bisa mengakibatkan buruk bagi kesehatan.

Dampak buruk bermain hp terlalu lama bisa mengakibatkan masalah kesehatan fisik. Menghabiskan waktu terlalu lama didepan hp dapat menyebabkan berbagai masalah fisik.
Terutama dalam maslaah pengelihatan. Karena ketika mata kita terlalu lama menatap hp bisa menyebabkan mata kita kering. Kebiasaan ini bisa menyebabkan mata menjadi iritasi dan pengelihatan mulai kabur atau tidak jelas. 

Dampak buruk lain bermain hp terlalu lama juga bisa mengakibatkan gangguan tidur, terutama pada orang yang sudah kecanduan dalam menggunakan gadget. 

Ketika orang yang sudah kecanduan hp, dia bisa memainkan hp selama berjam-jam sehingga lupa dengan waktu, yang tadinya waktu buat tidur malah di gunakan dengan bermain hp, sehingga waktu tidur pun terlupakan. 

Selain itu, sinar biru yang dipancarkan di layar hp itu dapat menahan produksi melatonin, yaitu hormon yang mengontrol siklus tidur seseorang, sehingga orang mau tidur pun jadi terasa sulit.

Hp memang membawa banyak kemudahan, tetapi jangan sampai penggunaannya justru mengganggu kesehatan kita. Gunakanlah hp secara bijak, sehingga kamu dapat menikmati manfaat teknologi tanpa harus mengalami dampak buruk bermain hp bagi kesehatan. 

Dan pentingnya kita untuk menjaga keseimbangan dalam penggunaan hp dan menghindari penggunaan yang berlebihan. Kira harus memiliki batasan waktu dan mengalokasikan waktu untuk aktivitas yang lainnya yang lebih bermanfaat bagi kesehatan, seperti olahraga, bersosialisasi dan membaca buku.

M Firman Hakiki/Vokaloka

No comments

Post a Comment