Cara Alami Hilangkan Bau Prengus Pada Daging Kambing

Tips menghilangkan bau prengus daging kambing banyak dibutuhkan, terutama di masa Idul Adha atau Idul Qurban sekarang ini.

Momen Idul Adha akan jadi momen dimana di rumah tersedia berbagai macam daging kurban, salah satu yang paling legendaris adalah daging kambing. Daging kambing bisa diolah menjadi berbagai masakan, seperti tongseng, gulai, sate, dan sop kambing.

sayangnya makanan enak tadi tidak bisa dibilang nikmat kalau masih bau prengus. Apa itu bau prengus? Bau prengus merupakan bau yang melekat pada daging kambing, yang asalnya dari feromon kambing, terutama kambing jantan. Tentunya bau tersebut akan mengganggu pada saat makan.

Apalagi jika salah mengolah daging kambing, bau prengus justru bisa semakin terasa. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing agar menghasilkan masakan yang nikmat dan tidak berbau. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau prengus pada kambing?

1.  Marinasi dengan parutan nanas
Seperti yang sudah kalian ketahui, kalau nanas bisa membuat daging menjadi lebih empuk dan enak. Tetapi selain itu, nanas juga bisa menghilangkan bau prengus pada daging loh. Kalian bisa memotong nanas menjadi bagian yang lebih kecil atau bisa juga diparut agar teksturnya lebih halus. Lalu lumurkan nanas itu pada setiap sisi daging dan diamkan beberapa saat.

2. Melumuri Bumbu
Bau prengus daging kambing bisa dihilangkan dengan menggunakan bumbu. Bumbu yang digunakan adalah jenis bumbu untuk mengolah dagingnya. Bisa menggunakan jahe, lada, cengkeh, kayu manis, dan bubuk kari. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu melumuri bumbu tersebut ke seluruh daging kambing dan diamkan selama 1 jam.

3. Rendam dalam Air Jeruk Nipis
Menghilangkan bau prengus kambing juga bisa dengan menggunakan campuran air jeruk nipis, cuka, maupun susu. Kamu cukup rendam daging semalaman di dalam campuran air jeruk nipis, cuka, dan susu. Campuran air jeruk nipis tersebut selain menghilangkan bau prengus juga dapat membuat daging lebih empuk.

4. Melumuri Daging Menggunakan Garam
Penggaraman daging mampu menghilangkan sebagian darah yang masih tersisa. Caranya dengan melumuri garam pada setiap sisi daging. Setelah itu daging didiamkan selama sekitar 1 jam. Selanjutnya bilas daging sebelum dimasak sesuai menu yang diinginkan.

5. Potong Lemak Berlebih pada Daging Kambing
Daging kambing yang diterima biasanya masih menyisakan banyak lemak. Lemak ini menjadi salah satu penyebab daging kambing mengeluarkan bau prengus.Lemak pada daging dapat memicu bau. Ketika dimasak, lemak juga menjadi sumber bau paling menyengat. Sebelum mengolah daging, pastikan memotong beberapa lemak berlebih. Semakin sedikit lemak yang meleleh dalam proses memasak, maka akan semakin sedikit aroma yang muncul. Lemak bisa dipotong ketika masih agak dingin.

6. Rebus Daging dengan Rempah-rempah
Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau prengus yakni dengan merebus daging. Daging bisa direbus tanpa campuran bumbu apapun atau bisa juga direbus dengan tambahan rempah-rempah.

Demikianlah cara untuk menjadikan daging kambing kamu menjadi makanan yang lezat, tanpa ada bau prengus yang mengganggu. Selamat mencoba.

Nurul Maghfiroh/Vokaloka

No comments

Post a Comment