Kelurahan Mekar Mulya Adakan Kegiatan Bank Sampah Mulia ASN, IT, Linmas, Dan Gobertan

VOKALOKA.Com, Bandung. Kelurahan Mekar Mulya mengadakan kegiatan bank sampah dalam Upaya mengurangi sampah khususnya di kelurahan Mekar Mulya. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa tanggal 17 Oktober 2023. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa pihak dari kelurahan mekar Mulya.

Sampah menjadi masalah besar bagi kota bandung. Status darurat sampah menjadi buktinya, Kelurahan Mekar Mulya Tengah meracik strategi untuk mengurai persoalan sampah. Kini bandung bertransformasi menjadi metropolitan dengan segudang masalahnya. 

Kota yang dulunya berjuluk surga pembuanagan ini pernah berlabel "Lautan Sampah". Tahun 2005 Bandung pernah mendapat julukan "Bandung Lautan Sampah". Abidin (59) salah seorang pemulung yang masih mengingat peristiwa Bandung Lautan Sampah. 
Kala itu, gunungan kota sampah Bandung. 

Lautan sampah di kota Bandung disebabkan karena TPA Leuwigajah di Kota Cimahi yang meledak dan longsor. Akibatnya, TPA itu ditutup. Pembuangan sampah dari Bandung Raya yang bergantung ke sanapun mandek. 

Sejak tahun 1982, Abidin sudah berprofesi sebagai pemulung dan pengurus sampah di TPS Turangga (Buah Batu). Namun, baru kali ini dia mengurus gunungan sampah yang meningkat semakin tinggi setiap harinya. 

Nyatanya, tragedi Leuwigajah tidak membuat pemkot berbenah. Kondisi serupa juga terjadi pada tahun ini gara-gara TPA Sarimukti terbakar. Pemprov Jabar menetapkan Bandung Raya darurat sampah pada 24 Agustus 2023. Kemudian diperpanjang hingga 25 september 2023. Pengangkutan sampah di TPS dan TPA Sarimukti pun terganggu. Imbasnya, sampah menumpuk di TPS. Kondisi demikian berdampak pada warga yang hidup disekitar TPS. 

Menurut Ibu Elis, ketua lurah Mekar Mulya kegiatan bank sampah diadakan untuk mengurangi populasi sampah yang ada di kelurahan Mekar Mulya dengan tujuan lain agar kelurahan Mekar Mulya menjadi kelurahan bebas sampah.

Reporter : Rivaldi


No comments

Post a Comment