Dampak Mengonsumsi Mie Pedas Bagi Kesehatan Tubuh

VOKALOKA.COM - Berbicara tentang kuliner di Indonesia tidak akan pernah ada habisnya salah satunya makanan pedas. Masyarakat Indonesia dikenal dengan pecinta makanan pedas, bahkan beberapa orang mengatakan bahwa jika makan tanpa sambal atau cabai maka terasa ada yang kurang. Hal ini juga yang menyebabkan mayoritas masyarakat Indonesia seringkali menambahkan sambal atau cabai pada menu makanan yang disantapnya. 

Makanan pedas yang banyak disukai masyarakat Indonesia sangatlah banyak. Salah satu makanan pedas yang selalu ramai disantap adalah mie pedas. Makanan pedas satu ini berhasil menggoda di lidah masyarakat Indonesia. 

Mie merupakan produk makanan yang terbuat dari bahan tepung dan telur. Proses pembuatan mie dapat terbilang mudah dan bahan yang digunakan juga murah. Terlebih lagi sudah ada mie instan yang tinggal diseduh, membuat masyarakat memilih mie sebagai salah satu menu makanan andalan.

Akan tetapi, dibalik nikmatnya mengonsumsi mie pedas jika dikonsumsi terlalu sering dan bahkan berlebihan terdapat dampaknya bagi kesehatan tubuh. Diantara dampaknya yaitu mengakibatkan nyeri pada perut. Hal tersebut disebabkan karena mengonsumsi mie pedas menjadikan dinding lambung mengalami iritasi, sehingga memicu asam lambung naik dengan cepat. 

Selain menyebabkan nyeri pada perut, mengonsumsi mie pedas dapat menyebabkan perut terasa mulas. Hal tersebut dikarenakan ketika mie pedas sudah berada di usus besar, maka efek iritasi akan langsung terasa karena tubuh mengirimkan jumlah air yang lebih banyak kepada usus. Hal tersebut juga menjadikan kita dapat mengalami diare. 

Dampak bahaya selanjutnya ketika terlalu sering mengonsumsi mie pedas adalah dapat menyebabkan gastritis atau maag akut. Rasa pedas pada cabai yang dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat memicu permukaan lambung menjadi rapuh. Oleh karena itu, permukaan lambung mudah terluka yaitu terjadinya peradangan pada lapisan lambung. 

Selain berdampak pada sistem pencernaan, mengonsumsi mie pedas yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan gangguan tidur atau insomnia. Hal tersebut terjadi karena pada saat mengonsumsi mie pedas, suhu tubuh meningkat dan tubuh mudah berkeringat. Mie pedas mengandung capsaicin, senyawa yang memberikan rasa pedas. Konsumsi capsaicin dalam jumlah besar sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia atau sulit tidur.

Meskipun mie pedas dapat memberikan kenikmatan saat dikonsumsi, penting untuk menghindari mengonsumsinya secara berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi mie pedas dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh, terutama bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan atau sensitivitas terhadap makanan pedas.



Ayu Sri Wahyuni/Vokaloka

No comments

Post a Comment