Islam For Peace

VOKALOKA.COM - Islam merupakan agama yang lahir dari kebudayaan peradaban manusia yang kemudian menjadi penting, sakral, dan memiliki nilai moral. Agama Islam kini sudah berkembang pesat ke seluruh dunia, khususnya Indonesia. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, Islam menjadi peran utama dalam mengatur kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkup sosial, budaya, maupun politik. Tetapi meskipun demikian, citra Islam di beberapa negara dan Indonesia sekalipun terkadang masih dipandang negatif dan bersifat meneror. Bukan tanpa alasan, hal ini terjadi karena rentetan kasus
terorisme yang terjadi dalam lingkup global maupun nasional.

Dampak dari banyaknya kasus terorisme seperti ini menjadikan umat muslim memiliki image buruk dimata orang non muslim. Bisa kita lihat kasus yang terjadi pada 2020 di Prancis yang mana pada saat itu marak rentetan kasus terorisme dan aksi pemenggalan guru yang membuat karikatur Nabi Muhammad SAW. Akibat dari peristiwa itu membuat muslim yang ada di Prancis menghadapi stigma negatif yang seakan-akan mereka harus bertanggung jawab akan hal itu.

Maraknya kasus yang terjadi di atas nama agama Islam, membuat muncul pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat terkait nilai moral dan spiritual yang diajarkan agama Islam kepada pemeluknya, yang akhirnya berdampak pada citra umat muslim. Apakah Islam mendukung untuk tindakan terorisme ? pertanyaan seperti ini lah yang muncul dalam otak orang non muslim. Lantas bagaimana kita menjawab pertanyaan seperti ini dan mengembalikan citra Islam ?

Ada dua hal pokok yang bisa kita utarakan sebagai jawaban dari pertanyaan diatas yaitu merubah cara pandang dan mindset kita mengenai labelisasi terhadap suatu hal. Tugas kita bersama yaitu membuang sifat sentiment, prasangka, dan stigma buruk terhadap agama Islam. Pentingnya memberikan pengertian terhadap orang banyak bahwa satu aksi teror yang dilakukan oleh segelintir oknum tidak bisa dibenarkan sebagai representasi dari umat Islam keseluruhan.

Islam bukanlah agama teroris dan islam juga tak mendukung hal tersebut. Sebagai umat muslim ayo kita sama-sama cerminkan sikap yang saling kasih mengasihi, hormat menghormati, dan saling menghargai. Buktikan kepada mereka bahwa Islam agama yang indah dan cinta damai. Ubah image buruk kita dengan terus menebar cinta dan kebaikan kepada semua orang.

Nurul Maghfiroh/Vokaloka

No comments

Post a Comment