Pemanfaatan Digital Untuk Pelestarian Budaya

VOKALOKA.COM - Keberagaman budaya Indonesia bukan lagi hal asing di mata dunia. Indonesia memiliki keberagaman budaya yang sangat banyak dengan ciri khas di setiap wilayahnya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia melakukan pencatatan dan penetapan daftar warisan budaya takbenda. Per Juni 2020, terdapat total 9.770 warisan budaya yang dicatat dan 1.086 di diantaranya telah ditetapkan. Keberagamaan budaya ini tidak lepas dari sepak terjang para pendahulu bangsa yang terus melestarikannya, agar bisa dinikmati sampai sekarang.


Berbicara tentang keberagaman budaya Indonesia, di era digital yang serba canggih ini, membuat semua generasi muda tidak diperkenankan menutup mata. Kesempatan ini merupakan kesempatan emas yang sangat bisa dimanfaatkan untuk dapat memperkenalkan dan lebih melestarikan budaya yang katanya sudah mulai padam.


Era digital merupakan masa di mana informasi dapat disebarluaskan dengan mudah dan cepat menggunakan teknologi digital yang terhubung dengan saluran internet. Era digital yang terjadi sekarang merupakan bentuk adaptasi menuju era normal yang baru. Menuju dunia yang serba canggih tapi seni tradisi yang menjadi identitas bangsa Indonesia tidak boleh mati.


Cara efektif memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan budaya Indonesia, sangat mudah dilakukan. Penerus bangsa dapat berbagi cerita tentang keunikan yang hanya ada di daerah tempat tinggal, tradisi-tradisi yang hanya dilakukan pada hari tertentu, kemudian menceritakan dengan tujuan agar teman-teman yang berbeda pulau bahkan yang berbeda negara dapat mengetahui keberagaman budaya yang dimiliki setiap daerah di Indonesia.


Menawarkan produk yang hanya terdapat di daerah tempat tinggal, kepada seluruh masyarakat dunia, adalah cara yang juga terbukti efektif untuk memperkenalkan budaya yang mungkin asing bagi sebagian orang. Hal ini membuktikan bahwa teknologi digital sangat mempermudah para penerus bangsa untuk bisa saling bertukar informasi tentang kebudayaan yang dimiliki.


Maraknya pembelian kebaya di Jawa Barat merupakan salah satu contoh keberhasilan dalam upaya memperkenalkan produk khas yang dimiliki suatu daerah. Selain dapat memberikan informasi tentang kebudayaan yang dimiliki, hal ini juga dapat menambah penghasilan, dan mungkin juga dapat memperbaiki taraf hidup warga setempat.


Sering kita temui foto-foto menarik yang dipajang di sosial media. Keindahan alam suatu daerah, dengan keelokan tradisi yang dimiliki. Hal ini juga merupakan dampak positif pemanfaatan teknologi digital. Tujuannya untuk menarik perhatian banyak pasang mata agar tertarik dan berkeinginan menuju tempat indah yang dipromosikan. 


Seperti yang diketahui, keberagaman seni budaya memiliki kekhasan di setiap daerah. Sudah menjadi kewajiban setiap bangsa untuk terus mencintai dan melestarikannya. 


Era digital ini, harus membawa dampak positif bagi penerus bangsa. Semuanya untuk tetap berusaha dan berjuang menjaga budaya yang dimiliki Indonesia agar tetap lestari.


Masih banyak contoh lain yang bisa digunakan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi digital yang sedang berkembang di Indonesia. Mari sama-sama terus jaga kelestarian budaya yang dimiliki Indonesia agar tetap abadi dan dapat terus dinikmati.


Naswa Nathania/Vokaloka


No comments

Post a Comment