Pasar Rakyat Sekaten Surakarta: Tetap Ramai Pengunjung, Jelang Penutupan.

VOKALOKA.COM, Solo - Sekaten merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat untuk memperingati dan memeriahkan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Upacara pembukaan berisikan acara sakral yaitu Grebeg Maulud dan Tumplak Wajik. Pasar Rakyat Juga digelar selama 30 hari yang bertempat di Alun-alun Kidul Solo.
 
Antusias warga lokal Solo maupun sekitarnya sampai pengunjung luar daerah pun masih ramai berdatangan dan meramaikan Pasar Rakyat Sekaten Surakarta jelang penutupan tanggal 8 Oktober 2023. Hal ini disebabkan masih banyak pula pedagang yang membuka gerainya untuk berjualan karena suasana dan antusias masyarakat yang masih tinggi. (7/8/2023)

Jika pada acara pembukaan dan beberapa pekan lalu ada acara live music dengan menghadirkan artis yang familiar di kalangan anak muda, maka pada pekan terakhir ini para pengunjung lebih tertarik pada jajanan yang masih dijajakan oleh para penjual.

Makanan yang tersedia memang banyak yang menggugah selera dari makanan ringan sampai makanan berat juga ada. Ragam minuman kekinian juga tersedia dengan berbagai varian rasa yang juga nikmat untuk disantap.
 
Beberapa makanan korea masih menjadi tujuan utama para pengunjung untuk tetap datang ke Pasar Rakyat Sekaten Surakarta walaupun pada hari menjelang penutupan acara tersebut.
Pedagang makanan yang masih ramai pembeli diantaranya Pedagang Korean food dengan berbagai varian rasa kuah yang mereka sediakan mulai dari yang pedas sampai yang original juga ada. Varian yang lengkap dan rasa yang nikmat membuat mereka tak sepi peminat.

Ada juga penjual jajanan korea lainnya seperti tanghulu, yaitu potongan buah yang ditusukkan pada tusuk sate dan dibalut dengan gula pasir yang sudah dijadikan caramel. Rasa buah yang variatif ada terutama rasa asam dipadukan dengan manisnya larutan caramel, membuka gerai makanan tersebut juga terpantau ramai pembeli.

"Nanti malam lebih ramai lagi ini, peminatnya mayoritas anak muda" Ujar Linda salah seorang pembeli Korean food.
 
Meskipun penutupan tinggal menghitung jam, euphoria acara Pasar Rakyat Sekaten ini tak sepi peminat. Warga Solo dan sekitarnya masih menikmati beberapa wahana pasar malam juga sebelum esok hari penutupan.

Reporter ; Siti Nur Salsabilah

No comments

Post a Comment