Konten Menarik Sebagai Media Dakwah Masa Kini!


Seiring berkembangnya zaman, kita sebagai generasi muslim dan muslimah haruslah melek dan mau untuk beranjak maju. 


Sebagian Kaum muda dengan cepat merintis format baru dakwah digital melalui berbagai platform baik di blog, kanal YouTube, Instagram, Tiktok, Lemon A dll. Konten produksi kaum muda memberi segmentasi baru dalam ranah publik keagamaan. Mereka mampu membuat materi atau konten keagamaan yang terasa monoton, kaku, dan normatif menjadi lebih santai, berwarna, dan aktual.


Dulu untuk membuat sebuah konten di media seperti televisi dan radio tergolong sukar. Tidak semua orang berhak memproduksi konten karena berbiaya mahal dan ekslusif. 

Berbeda dengan masa ini, di era media baru (new media) semua mulai berubah. Ciri utama era ini adalah akses internet dan teknologi komunikasi yang semakin murah dan mudah diakses. Hal ini juga berdampak terhadap konten keagamaan yang kini dapat dikemas sedemikian rupa agar dapat diterima dengan mudah.


Konten yang berupa soft dakwah dengan tidak menghilangkan poin dakwah yang hendak disampaikan. Era digital adalah kesempatan baru bagi kaum muda muslim untuk berpartisipasi menentukan bentuk informasi dan konten publik. Selain bahwa menjadi seorang content creator di platform digital membuka peluang finansial, tetapi juga menyediakan arena eksperimentasi kreatifitas tanpa batas. Inilah momentum paling pas untuk memperbaiki kualitas siar publik keagamaan yang paling sesuai dengan minat dan kebutuhan generasi muda sendiri.



Oleh: Oki Al Kahfi



No comments

Post a Comment