Cuaca Panas Ekstrem Melanda, Suhu di Bandung tembus 34,8 Derajat Celcius

VOKALOKA.COM, Bandung 11 Oktober 2023 - Akhir akhir ini Kawasan Bandung mengalami keaikan suhu panas yang lebih dari biasanya. Suhu udara yang terjadi pada akhir akhir ini, lebih terasa panas dari musim kemarau pada biasanya, maka dari itu banyak Masyarakat dan mahasiswa/i yang mengalami dampak dari peningkatan suhu panas ini.
 
Suhu panas yang terjadi sekarang ini dikeluhkan oleh seorang mahasiswi Uin Sunan Gunung Djati Bandung, Fazni Awalia (21). Menurutnya cuaca bandung khususnya kecamatan cibiru saat ini sangat ekstrime dan tidak seperti biasanya.

" Karena sekarang cuaca dibandung sangat panas tidak seperti biasanya yang mengakibatkan seluruh Masyarakat Bandung mengalami dampaknya yaitu diantaranya kesusahan sumber air bersih, banyak Masyarakat yang mengeluh bahwa kekeringan saat ini berdampak kepada air bersih", kata fazni di Kampus Uin Bandung, Bandung, Rabu, 11 Oktober 2023.

Fazni mengaku bahwa dia sering merasakan kegerahan Ketika beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan. " Mau bagaimana lagi cuacanya seperti ini wong saya tidak bisa merubah cuaca ini emang sudah seharusnya begini, biasanya setiap bulan September sudah masuk ke musim hujan tapi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya," tuturnya.
 
Mahasiswi lainnya, Amel Ridha mengaku bahwa cuaca bandung saat ini panas dan beda dari hari biasanya." Orang-orang disini juga saya kira mereka juga merasaka hal yang sama. Namun suhu panas nya tidak sepanas kemarin2, sekarang aga mending lah, kemaren sempet ada mendung dan ternyata di daerah lain ada hujan. Dilihat dari prediksi cuaca dari situs web BMKG bandung akan hujan ringan pada sekitar pukul 16.00, semoga aja ada hujan dan kemarau ini ga berkepanjangan". Ujarnya.
 
Pada Bulan September ini dasarian III, posisi semu matahari berada di ekuator atau  biasa disebut dengan ekuinoks, sehingga sinar matahari yang dipancarkan semkin banyak dasarian III September ini. Namun sekali lagi, kondisi ini tidak akan menyebabkan suhu maksimum menjadi ekstrem.

Menurut BMKG pada Tanggal 26 September suhu di Bandung mencapai 34 derajat Celcius, 2 September 32 derajat Celcius, 28 September 33,8 derajat Celcius, 29 September 34,8 derajat Celcius, 30 September 34 derajat Celcius, dan 1 Oktober 34,8 derajat Celcius.

Menurutnya, suhu maksimum normal yang telah diukur oleh BMKG Bandung pada September adalah sekitar 30.3 derajat Celcius. Suhu udara ekstrim ini merupakan kondisi suhu udara yang mencapai 3 derajat Celcius atau lebih dari atas nilai normal setempat.
 
" Dengan demikian, suhu maksimum ekstrem sudah terjadi pada tanggal 26,28,29,30 September dan 1 Oktober," jelasnya.

Reporter : Muhamad Fikri Aufa 

No comments

Post a Comment