Tingkatkan Minat Baca dan Pengetahuan, Kecamatan Cibiru Gelar Sosialisasi Pembentukan Kampung Literasi


VOKALOKA.COM, Bandung – Kecamatan Cibiru dalam memberi Upaya untuk meningkatkan minat baca menggelar sosialisasi pembentukan kampung literasi pada Selasa (10/10/2023). Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 sampai selesai di Aula Kecamatan Cibiru.

Camat Kecamatan Cibiru, Didin dikayuana membuka acara sosialisasi kampung literasi dengan sama-sama membaca surat Al fatihah. Beliau juga mengungkapkan bahwa dengan dibentuk nya kampung literasi semoga anak-anak generasi muda bisa meningkatkan minat baca dan bisa memberikan wawasan yang luas.

" Dengan dibentuk nya kampung literasi semoga bapak dan ibu bisa memanfaatkan nya dengan baik khususnya untuk anak-anak kita," ujarnya.
 
Dalam acara ini mengundang narasumber yang berpengalaman di bidang literasi yaitu Medi Mahendra. Medi menceritakan bahwa literasi ternyata sudah ada sejak zaman Rasulullah Saw. Dimana Rasul diberikan wahyu oleh Allah Swt berupa perintah untuk membaca.

" Rasulullah Saw mendapatkan wahyu dari Allah Swt melalui perantara malaikat Jibril di gua Hiro surat Al-alaq ayat 1-5 yang berisikan tentang perintah untuk membaca," ujarnya.

Kemudian medi menambahkan penjelasan nya bahwa perintah membaca disini ternyata bukan membaca tulisan, akan tetapi Rasulullah diperintahkan untuk membaca situasi dari dalam gua hiro ada lubang kecil dan disana Rasulullah bisa membaca keadaan diluar sana bahwa masih banyak orang kafir yang menyembah berhala bukan menyembah Allah Swt, karena mereka tidak memiliki ilmu pengetahuan.

" Begitu luar biasanya pengetahuan yang bisa kita dapatkan Ketika kita senang membaca", ujarnya.  

Medi juga mengungkapkan bahwa minat baca di negara kita cukup tinggi, tetapi budaya literasi nya yang rendah. Masyarakat kita senang nya membaca tetapi membaca berita yang tidak benar atau hoax. Oleh karena itu budaya literasi Masyarakat Indonesia sangat lah rendah.

" Kita bangun kampung literasi ini dengan mendirikan pojok-pojok literasi yang berisi buku-buku bacaan menarik dan juga karya-karya tulis yang bermanfaat bagi Masyarakat kecamatan cibiru", ujarnya.

Medi menyampaikan harapan nya supaya kampung literasi kecamatan cibiru bisa berjalan dengan baik. Sehingga bisa menjadi contoh bagi pengembangan kampung literasi di daerah-daerah lain.


Reporter : Puteri Noerwulan R/KPI 5C

No comments

Post a Comment