Jalin Silaturahmi RT 05 Kelurahan Pasirlayung Adakan Kegiatan Pembinaan Anggota

Vokaloka-Com, Bandung - Silaturahmi, merupakan nilai budaya yang kental dalam masyarakat Indonesia, terus dijaga dan ditingkatkan oleh warga di berbagai sudut negeri. Hal ini pun terlihat di kawasan RT 05 Kelurahan Pasirlayung, di mana warga setempat aktif menjalin silaturahmi untuk membangun keharmonisan dan rasa persatuan.

Dalam kegiatan ini terlihat beberapa warga RT 05 mendatangi rumah salah satu warga, yang dijadikan tempat untuk mengaji bersama. Selain mengaji kegiatan lain yang diadakan adalah kajian terkait islam yang dibimbing oleh pembina.  Kegiatan ini bertujuan sebagai unit pembinaan anggota sekaligus mempererat hubungan antarwarga.

Nurlia selaku pembina mengatakan, bahwa dengan adanya kegiatan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat. Bukan hanya sekedar menjalin silaturahmi saja, tetapi juga sekaligus sebagai media untuk menambah wawasan mengenai islam.
 
"Saya telah melihat betapa pentingnya saling berhubungan dan mendukung satu sama lain. Inisiatif seperti ini membantu kita merasa lebih dekat dengan tetangga dan berkontribusi positif untuk warga sekitar." ujar Nurlita.

Salah satu kajian keagamaan yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah terkait pentingnya menjalin silaturahmi. Selain itu, sebelum memulai materi warga yang hadir dalam kegiatan ini terlebih dahulu di tes hafalan QS Al-Baqarah ayat 1-5. Semua warga yang hadir berhasil menghafal dengan baik.
 
Namun dalam pelaksanaan kegiatan ada beberapa hambatan yang dirasakan. Salah satunya adalah terkait semangat dari warga sekitar. Terkadang jumlah warga yang hadir dalam kegiatan ini sedikit. Selain semangat warga yang turun, faktor lain yang menyebabkan hal ini terjadi adalah karena ada kegiatan dan kesibukan lain.

Kegiatan seperti ini tidak hanya membangun hubungan antarwarga, tetapi juga membantu meningkatkan kesadaran akan isu-isu lingkungan. Mereka telah berkomitmen untuk merencanakan aksi-aksi bersama yang dapat membantu melestarikan lingkungan mereka.

Imas Widaningsih, salah satu warga yang ikut serta dalam kegiatan ini mengatakan, "Kami berharap kegiatan seperti ini akan menjadi inspirasi bagi lingkungan lainnya untuk melakukan hal serupa."

Inisiatif semacam ini adalah contoh yang membanggakan tentang bagaimana silaturahmi dan kerja sama dapat membantu memperkuat hubungan antarwarga, mengatasi masalah bersama, dan menciptakan lingkungan yang lebih harmonis.
 
Dengan di dorong oleh rasa semangat, dapat membantu untuk menciptakan lebih banyak kegiatan yang menginspirasi dan membantu memperbaiki kualitas hidup di masyarakat.

Reporter : Salma Nurhasanah

No comments

Post a Comment