Pelatihan Daur Ulang Sampah Baleendah: Ciptakan Peluang Kerja, Ciptakan Lingkungan Bersih

VOKALOKA.COM, Bandung - Upaya untuk menjaga kenyamanan dan keindahan lingkungan serta menciptakan masa depan yang lebih hijau tanpa adanya sampah, puluhan warga Baleendah ikut berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan daur ulang sampah. Kegiatan pelatihan ini berlangsung di  beberapa desa yang tercakup di Baleendah.

Kegiatan ini di mulai pada awal bulan Oktober yang diselenggarakan oleh Kelurahan Baleendah  sebagai bentuk nyata terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Warga Baleendah banyak yang ikut berpartisipasi, terlebih oleh kalangan pemuda.

Kegiatan pelatihan daur ulang sampah ini juga dimaksudkan sebagai ajang pelatihan bagi warga Baleendah. Bagi kalangan pemuda yang masih belum memiliki pekerjaan dan masih mengganggur di harapkan dengan adanya pelatihan daur ulang sampah dapat menjadi peluang mata pencaharian untuk mereka.

Dinas ketenagakerjaan juga ikut andil dalam penyelenggaraan pelatihan daur ulang sampah. Pelatihan yang diikuti oleh pemuda ataupun warga yang masih belum mendapatkan pekerjaan tetap, hal tersebut bertujuan untuk mencipakan peluang pekerjaan bagi mereka dan mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Sampah-sampah plastik, kertas, kardus, dan botol plastik menjadi fokus utama dalam kegiatan ini. W arga dengan semangat yang tinggi memilah sampahberdasarkan jenisnya, hal terebut dimaksudkan untuk menghindari pencemaran lingkungan dan memastikan bahwa bahan yang dapat didaur ulang dapat disalurkan ke tempat yang tepat.

Kegiatan ini memiliki banyak dampak positif. Selain menciptakan peluang pekerjaan, kegiatan daur ulang sampah ini juga memiliki dampak yang luar biasa pada lingkungan. Hal tersebut dapat menjadi sebuah langkah yang konkret dalam mengurangi jumlah sampah yang masuk ke dalam tempat pembuangan akhir.

Dengan jumlah sampah yang lebih banyak di daur ulang, maka akan menciptakan lingkungan yang nyaman bagi kita sendiri. Adanya kontribusi dari warga Baleendah pun sebagai bentuk Upaya mereka dalam mengurangi emisi karbon dan pemeliharaan sumber daya alam.

Selain itu, kegiatan pelatihan daur ulang sampah ini memang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan. Warga diberikan pengetahuan terkait pentingya daur ulang dan juga tata cara yang dapat di terapkan di kehidupan sehari-hari.

Kegiatan pelatihan daur ulang sampah ini menjadi bentuk nyata terhadap kesadaran masyarakat akan lingkungannya. Sehingga dapat memotivasi dan memberi dorongan agar terus bertindak menjaga dan melestarikan lingkungan.

Semangat antusias dari warga Baleendah dalam kegiatan ini menjadi langkah positif dalam menciptakan lingkungan Baleendah yang nyaman dan bersih. Semoga dengan diadakannya kegiatan seperti ini menjadi inspirasi bagi masyarakat Baleendah pada khusunya dan seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya.

Sofa Nur Amal Nabila

No comments

Post a Comment