Kecamatan Arcamanik Sosialisasi Posyandu Flamboyan

VOKALOKA.COM, Bandung -Sosialisasi Posyandu Flamboyan se-Kecamatan Arcamanik dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB di Aula Masjid Ar-Rahman RW 09 Kelurahan Cisaranten Kulon pada hari Senin (2/10/2023). Kegiatan tersebut diikuti oleh Ibu-Ibu PKK, BKL, BKR, Tribina, BKB, dan elemen lainnya. Sosiliasai posyandu ini dilakukan dalam rangka membantu program pemerintah dalam mensejahterakan kesehatan bayi dan ibu hamil.

Slogan dari Posyandu Flamboyan yakni: "Anak-Anak Yang Sehat Adalah Masa Depan Orang Tua dan Bangsa". Tujuan dari Posyandu sendiri untuk menurunkan AKB dan AKI. Agar meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sejahtera.

Menurut Budhi Reliadi sebagai Ketua RW 09 mengatakan, kegiatan posyandu ini penting. Selain sebagai membantu program pemerintah tapi ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam kembang tumbuh anak, program ini merupakan upaya pemerintah juga. "Hal ini sesuai dengan Undang Undang 1945 untuk 'mencerdaskan kehidupan bangsa' oleh karena itu harus memberikan upaya terbaik untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui program posyandu ini," tambah Budhi.

Mayarakat RW 09 sangat berpartisipasi aktif dalam berkontribusi kegiatan Posyandu Flamboyan ini. Masyarakat membantu dalam segi tenaga bahkan finansial dengan membayar kas RW untuk kegiatan ini. Berkat kontribusi aktif masyarakat kegiatan posyandu ini bisa berjalan rutin setiap bulannya.

Menurut Nunung Nurhayati sebagai Ketua Organisasi Posyandu Flamboyan mengatakan, banyak perjuangan yang telah dilalui dengan segala tantangan yang ada seperti kader posyandu yang masih kurang serta tempat yang belum menetap. "Posyandu Flamboyan masih berpindah-pindah dari satu rumah kader ke rumah kader lainnya," ujar Nunung.
 
Alur pelaksanaan Posyandu Flamboyan sendiri meliputi pendaftaran, penimbangan pengukuran BB dan TB, pencatatan, penyuluhan, pelayanan, pengembangan ekonomi, dan perlindungan hukum. Disetiap alurnya memiliki tugas fungsinya masing-masing, dengan alur ini akan memudahkan masyarakat yang ingin melakukan imunisasi.

Sosialiasi Posyandu Flamboyan sangat bermanfaat untuk masyarakat karena memperoleh kemudahan untuk mendapatkan informasi dan layanan kesehatan secara baik dalam hal kesehatan ibu dan anak. Menjadi pusat kegiatan masyarakat dengan adanya kegiatan untuk peningkatan ekonomi, pusat informasi dan konsultasi hukum juga untuk penyandang disabilitas. 


Reporter: Mujahidah KPI-5C

No comments

Post a Comment