Jagad Mengadakan Festival UMKM Se-Jawa Barat

VOKALOKA.Bandung - Festival Jagad UMKM kembali diselenggarakan untuk ketiga kalinya di Lucky Square, Bandung. Festival Jagad UMKM 3.0 kali ini mengusung tema "UMKM Berdaya: Usaha Maju, Kuatkan Masyarakat" Festival ini diselenggarakan selama 5 hari dimulai pada 8 - 12 November.
Lebih dari 100 UMKM ikut berpartisipasi dalam kegiatan Jagad UMKM untuk memperlihatkan produk-produknya. Mulai dari UMKM bidang jasa, fashion, manufaktur, snack ringan, kuliner, dan lain-lain.
"Kegiatan Festival Jagad UMKM sama seperti sebelumnya, tidak hanya mempromosikan tentang makanan saja, tapi semua tersedia. Ada jasa, fashion, sampai ada Production House yang berkaitan dengan audio visual," jelas Panitia Jagad UMKM Aini.
Festival Jagad UMKM dilatar belakangi pada tahun 2019-2020 kala pandemi Covid melanda. Banyak UMKM yang terdampak selama pandemi terjadi. Banyaknya UMKM yang beralih dari proses pemasaran konvensional ke proses pemasaran online, sehingga Jagad meluncurkan program "Jagad Bantu UMKM" secara gratis.
Program ini menyediakan marketing tools seperti desain kemasan, logo, dan segala hal yang mendukung marketing dan branding untuk UMKM, yang rata-rata membutuhkan konten untuk diangkat di media sosial.
Setelah pandemi berhenti, Jagad memfasilitasi kolaborasi, marketing, dan interaksi antar UMKM dengan mengadakan festival. Uniknya tidak hanya sekedar membantu mempromosikan produk UMKM, festival ini juga mengadakan kegiatan seperti hiburan musik, talkshow, workshop, dan kolaborasi.
Pada festival ini diharapkan dapat memberikan peningkatan kualitas dan kuantitas UMKM. Lebih banyak menampung UMKM yang ada di Jawa Barat bahkan Indonesia.

Reporter: Mujahidah Sholihatunnisa

No comments

Post a Comment