Aksi Simpati Dari Masyarakat Cicalengka Untuk Palestina

VOKALOKA.COM, Bandung - Ribuan masyarakat Cicalengka Kabupaten Bandung berkumpul di Alun-Alun Cicalengka dalam rangka Aksi Simpati Aliansi Masyarakat Cicalengka Bela Palestina. Acara ini diadakan pada hari Jumat (10/11/2023) yang diinisiasikan oleh Aliansi Masyarakat Cicalengka.

Aksi Bela Palestina tersebut dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat Cicalengka diantaranya para ulama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, mahasiswa, santri, siswa, pondok pesantren, ormas, LSM, komunitas dan sebagainya. Bahkan Camat Cicalengka beserta jajarannya, Polisi, dan Banbimnas terjun secara langsung untuk ikut meramaikan acara.

Acara ini dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB. Tetapi diketahui bahwa massa sudah mulai berkumpul di lapangan sejak pukul 07.00 WIB. Pakaian yang dikenakan terlihat didominasi oleh pakaian putih lengkap dengan atribut Palestina sehingga membuat kumpulan massa tampak selaras. Adapun rangkaian acara Aksi Simpati Aliansi Masyarakat Cicalengka Bela Palestina Ini diisi dengan doa bersama, orasi, dan donasi.

Panitia menyampaikan rasa terima kasih kepada semua donatur dan sebagai apresiasi tambahan, donatur dengan jumlah donasi yang di atas Rp. 1.000.000,- dipanggil untuk berdiri di area panggung. Kemudian di hari yang sama akun Instagram @igcicalengka_ mengumumkan jumlah donasi yang telah terkumpul sebagai bentuk transparansi panitia aksi. Adapun jumlah penggalangan donasi tersebut mencapai Rp. 33.912.000,- dan akan disalurkan melalui lembaga Dai Peduli.

Koordinator Aksi Simpati Aliansi Masyarakat Cicalengka Bela Palestina, Aris Darussalam menyampaikan bahwa aksi ini murni atas dasar rasa kemanusiaan.

"Kegiatan aksi ini merupakan bentuk solidaritas kepada Palestina sehingga dasar dari kegiatan ini tentunya adalah rasa kemanusiaan dan kepedulian kita terhadap saudara kita di sana. Dan yang paling penting aksi ini sama sekali tidak ada unsur politiknya," Ujarnya.

Adapun salah satu massa dari kalangan santri, Hilda menyampaikan bahwa ia menyambut baik Aksi Simpati Aliansi Masyarakat Cicalengka Bela Palestina ini karena dengan adanya acara tersebut menunjukkan solidaritas dan kepedulian terhadap Palestina.

"Acaranya MasyaAllah keren banget dengan berkumpulnya banyak orang di alun-alun ini membuat kita khususnya aku takjub dan lebih peduli sama saudara-saudara di Palestina. Pokoknya MasyaAllah deh bahkan sampai ada yang donasi tiga juta," Ucapnya pada Jumat sore.


Reporter: Silmi Najmi Anzani

No comments

Post a Comment