Cegah Stunting dan Gizi Buruk, TP. PKK Derwati Adakan Pemberian PMT Kepada Balita

VOKALOKA.COM - Bandung - Kelurahan Derwati, sebagai salah satu bagian dari Kelurahan Sehat, telah meluncurkan program inovatif untuk mengatasi masalah stunting, gizi kurang, dan gizi buruk di kalangan balita. Program ini diinisiasi oleh Tim Penggerak PKK (TP. PKK) Kelurahan Derwati yang telah berhasil menarik perhatian masyarakat setempat. (27/09/2023)

Stunting adalah masalah serius yang menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Ini juga dapat memengaruhi produktivitas mereka di masa depan. Oleh karena itu, TP. PKK Kelurahan Derwati memutuskan untuk mengambil langkah proaktif dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting.

Salah satu langkah utama yang diambil adalah memberikan bantuan Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada balita yang terindikasi stunting, gizi kurang, dan gizi buruk. PMT adalah solusi sementara yang membantu anak-anak mendapatkan nutrisi tambahan yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Program ini tidak hanya memberikan PMT kepada balita, tetapi juga memberikan pemahaman kepada orang tua atau wali balita tentang pentingnya gizi yang seimbang dalam makanan anak-anak. Pengetahuan ini diharapkan akan membantu orang tua dalam merencanakan makanan yang lebih sehat untuk anak-anak mereka.

TP. PKK Kelurahan Derwati bekerja sama dengan tenaga medis dan ahli gizi dalam mengidentifikasi balita yang memerlukan PMT. Setelah identifikasi, balita-banita ini akan secara berkala menerima PMT yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi mereka.

Program ini tidak hanya berfokus pada pemberian PMT, tetapi juga mencakup penyuluhan dan pendampingan. Tim dari TP. PKK Kelurahan Derwati akan secara rutin mengunjungi keluarga-keluarga balita yang terindikasi stunting untuk memastikan bahwa PMT dijalani dengan benar.

"Langkah ini juga bertujuan untuk membangun kesadaran tentang pentingnya asupan gizi yang baik dalam masyarakat. Semakin banyak keluarga yang menyadari pentingnya gizi seimbang, semakin besar peluang mengatasi stunting." ungkap Imas Aisah.

Dengan program ini diharapkan menghasilkan hasil positif. Banyak balita yang tadinya terindikasi stunting mulai menunjukkan peningkatan berat badan dan tinggi badan.

"Program penanganan stunting ini diharapkan menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam upaya mencegah stunting dan masalah gizi pada anak-anak. Keberhasilan TP. PKK Kelurahan Derwati dalam menggagas program ini membuktikan bahwa dengan kesadaran dan tindakan, masalah serius seperti stunting dapat diatasi," pungkasnya.

Reporter : Raihan Rivaldi Malik

No comments

Post a Comment