Destinasi Situ Cileunca, Pembangkit Listrik Tenaga Air

Situ Cileunca menjadi sebuah inovasi yang digunakan untuk sumber daya pembangkit listrik tenaga air. Sebelum dirubah menjadi sebuah danau buatan, Situ Cileunca dulu merupakan sebuah hutan belantara milik seorang saudagar dari Belanda bernama Willem Hermanus Hooghland. 

Pembangunan Situ Cileunca kurang lebih memakan waktu selama tujuh tahun. Pada masa pemerintahan Belanda pada tahun 1919 sampai dengan 1926 danau buatan ini dibangun. 

Situ Cileunca merupakan sebuah danau yang terletak di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Situ Cileunca menjadi danau buatan yang memiliki luas sekitar 1400 hektar dan memiliki kedalaman mencapai 17 meter. 

Melihat dari tahun pembuatannya, Situ Cileunca menjadi pembangkit listrik tenaga air yang pertama kali di bangun di Indonesia. Pada Masa itu terdapat dua tokoh pribumi yang turut serta dalam Pembangunan Situ Cileunca yakni Arya dan Mahesti. 

Situ Cileunca memiliki keindahan tersendiri yang dapat dijamu oleh setiap wisatawan yang berkunjung. Situ Cileunca memiliki pemandangan alam yang bagus, dikelilingi oleh gunug dan diapit oleh perkebunan teh. Oleh karena itu, Situ Cileunca menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati. 

Panorama alam yang unik menjadikan peluang tersendiri bagi pengusaha property. Banyak sekali wahana yang dibangun oleh para pengusaha untuk menarik minat wisatawan. 

"Situ Cileunca bukan karena  wahana dan fasilitas penginapan yang membuatnya menarik, keasrian dan ketenangan yang ditawarkan disinilah yang membuat siapa pun yang berkunjung akan merasa nyaman dan betah." Ujar Fajri, salah satu pengunjung yang berada di Situ Cileunca. 

Terlihat banyak kalangan yang mengunjungi Situ Cileunca. Mulai dari kalangan remaja yang bermain bersama teman-temannya, hingga kalangan orang tua yang ingin bersantai bersama keluarganya menghabiskan waktu akhir pekan. 

Wahana yang di jajakan di Situ Cileunca anatara lain wahana rafting, paintball, flying fox, offroad landrover, archery, lake tour, fun games, wisata berkebun, team building, river tubing dan masih banyak lainnya. 

Selain menyediakan berbagai wahana yang ada, di Situ Cileunca juga terdapat berbagai jenis penginapan. Banyak para pengusaha property yang berlomba-lomba membangun penginapan baik itu villa, hotel, camping, homestay atau cottage. 

Untuk melengkapi fasilitas dan juga wahana yang ada terdapat berbagai jasa juga yang ditawarkan. Seperti jasa pembuatan tshirt atau pakaian outbound, tour guide berbahasa asing, catering, bbq, hingga berbagai jasa hiburan. 

Reporter : Sofa Nur Amal Nabila

No comments

Post a Comment