Jadi Kawasan Strategis, Desa Cibiruhilir Raih Sejumlah Prestasi

VOKALOKA.COM, Bandung - Desa Cibiruhilir pada awalnya berdiri pada tahun 1986 sejak adanya pemekaran Kota Madya Bandung yang sebelumnya bersatu dengaan Desa Cibiru. 

Luas Desa Cibiruhilir sekitar 311 hektare dengan jumlah sebanyak 15.000 jiwa dan 4.500 Kartu Keluarga. Asal usul terbentuknya termaktub dalan PP No. 16 Tahun 1987. Jumlah keseluruhan Rukun Warga (RW) adalah 17 dan Rukun Tetangga (RT) sebanyak 83.

Terdapat tiga batas Desa Cibiruhilir diantaranya Cibiru Kulon, Cipadung, dan Mekarmulya. 

Gabungan dari beeberapa desa menjadilah Desa Cibiruhilir yang dihasilkan atas kesepakatan musyawarah desa. 

Nama desa ini terbilang cukup unik yaitu Desa Cibiruhilir karena daerahnya yang berada di bawah atau di hilir. Meskipun belum menyuguhkan destinasi wisata, menariknya lokasi desa ini bisa dibilang strategis dengan wilayah yang berdekatan dengan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Masjid Raya Al-Jabbar dan terletak di anatara batas wilayah masuk Kabupaten Kota. Sebelah barat desa ini berbatasan dengan Kota Bandung. 

Prestasi yang diraih oleh Desa Cibiruhilir dalam beberapa bulan terakhir adalah menjadi Juara 2 Posyandu untuk tingkat Kabupaten, dan menjadi kalpataru. 

Kantor Desa Cibiruhilir mengalami beberapa kali perombakan yang seiring dengaan perkembangan zaman. Perombakan terakhir kali dilakukan pada tahun 2018 untuk pembangunan ruang Gedung Serbaguna yang dahulu belum ada. 

Reporter : Siti Sulistiyani

No comments

Post a Comment