Karangpapak, Pantai Estetik di Garut

VOKALOKA.COM, Bandung - Pesona alam Kabupaten Garut tak perlu diragukan lagi. Mulai dari gunung hingga pantai, semuanya komplit di kota berjuluk Swiss van Java. Bagi detikers yang berniat healing di Garut di momen libur Natal dan tahun baru kali ini, mungkin pantai yang satu ini cocok untuk dikunjungi.
Namanya, adalah Pantai Karang Papak. Berlokasi di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut. Tempatnya terbilang sangat jauh dari pusat perkotaan Garut. Berjarak sekitar 90 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Untuk menuju tempat tersebut, dari kawasan perkotaan, bisa menggunakan rute Garut Kota-Bayongbong-Cisurupan-Cikajang-Pameungpeuk. Suasana alam yang indah dan udara yang sejuk, bakal menghiasi perjalanan menuju ke Karang Papak, khususnya di kawasan Cikajang hingga Pameungpeuk, karena merupakan daerah pegunungan.

Meskipun jaraknya cukup jauh dari pusat perkotaan, apalagi jika ditempuh dari luar daerah seperti Jakarta dan Bandung, namun rasa lelah selama perjalanan akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah banget di Pantai Karang Papak.

Suasananya indah dan menenangkan. Makanya, tempat ini direkomendasikan bagi detikers yang berniat untuk healing di pantai selatan Garut, selama libur Nataru kali ini. Meskipun letaknya dekat dengan Jalan Raya Pameungpeuk-Cikelet, namun tidak terasa hingar-bingar di tempat ini.

Tidak banyak juga aktivitas yang mengganggu ketenangan. Hanya sejumlah nelayan dan warga setempat, yang berlalu-lalang di sana. Hamparan pasir putih dan lautan luas terhampar sempurna di Pantai Karang Papak.

Suara deburan ombak, di bawah terik matahari diiringi embusan angin yang sepoi-sepoi membuat siapapun yang berkunjung ke Pantai Karang Papak, bakal merasakan sensasi yang rileks.

Ada beberapa penginapan milik warga setempat di sana, yang bisa dijadikan tempat untuk bermalam. Selain itu, karena di lokasi tersebut juga terhampar rumput di tanah datar, cocok untuk dijadikan tempat berkemah.

Jika lapar, ada beberapa warga yang menyediakan warung makan dengan menu seafood yang bisa untuk dicoba. Harganya, tidak terlampau mahal. Biasanya, mulai dari Rp 50 ribuan untuk makanan. Pantai Karang Papak juga tidak terlalu jauh dari pusat keramaian di sana. Jadi, tak perlu khawatir jika ingin belanja ke mini market. Untuk bisa menikmati suasana indah di Pantai Karang Papak, pengunjung yang datang hanya dikenakan biaya yang cukup murah. Yakni Rp 5 ribu.

Pantai Karang Papak, bisa menjadi alternatif bagi detikers yang ingin berlibur di kawasan pantai selatan Garut, dan ingin mencoba suasana baru. Lokasi Pantai Karang Papak ini, juga tidak terlalu jauh menuju Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang. Jadi, detikers bisa menyempatkan diri juga untuk datang ke pantai tersebut.

Reporter/ Widya Setiawati

No comments

Post a Comment