Menyusuri Keindahan Alam Curug Cibareubeuy di Subang



Saat liburan pastinya kita ingin pergi ke tempat yang bisa membuat suasana hati nyaman, merefresh otak dan pikiran, mencuci mata, serta pergi ke tempat yang segar. Salah satu destinasi terbaik wisata khususnya daerah Subang yaitu Air Terjun Curug Cibareubeuy. Wisata alam ini sangat popular dikalangan masyarakat Subang, terutama bagi remaja-remaja yang suka berpetualang dan mencari tempat liburan yang instagramable. Banyak sekali spot foto yang dapat ditemukan dalam kawasan wisata ini. Curug Cibareubeuy berada di lokasi yang cukup tersembunyi, namun hal itu tidak membuat para wisatawan menjadi enggan untuk berkunjung ke objek wisata Curug Cibareubeuy ini.

Curug Cibareubeuy merupakan air terjun yang tingginya mencapai kurang lebih 40 meter, curug ini mengalir dari atas tebing Gunung Keramat Subang. Curug Cibareubeuy memiliki bentuk ramping yang berkelok-kelok sehingga dari jauh nampak seperti bentuk zig-zag yang sangat unik. Ada telaga jatuhan air di bawahnya yang tidak begitu besar. Namun, ditelaga ini wisatawan dapat bermain air dan juga berendam sepuasnya. Jika wisatawan memiliki keberuntungan maka mereka juga akan menemukan pelangi saat suasana cuaca cerah, pelangi tersebut biasanya mengarah pada air terjun. Selain air terjun terdapat juga spot foto mendekati punggung bukit, area foto tersebut cukup instagramable sekali bagi para remaja yang suka sekali berfoto atau ingin mengabadikan momen keindahan berlibur.

Lokasi tepatnya curug ini adalah di dusun Nagrak, Desa Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Untuk menempuh perjalanan menuju lokasi ini tidak sulit, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Wisatawan harus melewati jalan area persawahan dan melewati sungai untuk bisa berada di lokasi air terjun ini. Untuk mencapai lokasi air terjun wisatawan tidak bisa menggunakan kendaraan, mereka harus menempuh perjalanan dengan jalan kaki yang memakan waktu sekitar satu jam.

Terdapat dua rute menuju air terjun Curug Cibareubeuy, rute pertama yaitu rute gunung yang hanya diizinkan oleh para pendaki yang sudah berpengalaman. Sedangkan rute kedua yaitu jalan setapak yang dibuka untuk umum. Rute jalan setapak ini menyuguhkan suasana persawahan yang sangat sejuk dipandang dan juga terdapat sungai yang mempunyai air sangat jernih sehingga membuat wisatawan yang merasa kelelahan dalam perjalanan dapat menikmati suasana alam sungai yang berair jernih tersebut.

Fasilitas yang tersedia di Curug Cibareubeuy yaitu terdapat toilet, kios makanan, dan juga musholla. Selain itu juga, terdapat penginapan terdekat yang disediakan yaitu Kampung Senyum, lokasinya tidak jauh dari curug. Sehingga wisatawan dapat memilih untuk berkemah atau menyewa pondok yang berada di Kampung Senyum.

Destinasi wisata Curug Cibareubeuy siap memanjakan liburan wisatawan yang menyenangkan dengan cukup membayar biaya tiket masuk dengan harga Rp.10.000/orang. Untuk biaya parkir kendaraan roda dua Rp.5.000 dan kendaraan roda empat Rp.10.000.

Curug Cibareubeuy terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Wisatawan bisa berkunjung pada weekday maupun weekend. Biasanya Curug Cibareubeuy lebih ramai pada saat weekend.

Niken Ananda

No comments

Post a Comment