Wajah Baru Waduk Darma di Kuningan Jawa Barat

VOKALOKA.COM, Bandung - Destinasi wisata Waduk Darma yang ada di Kabupaten Kuningan Jawa Baratt yang tepatnya berada di Desa Jagara Kecamatan Darma sedang menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi akhir-akhir ini, lantaran sudah banyak mengalami perbaikan di seluruh area.

Salah satu pengelola Waduk Darma, Yanto, mengatakan bahwa pada kondisi normal, jumlah pengunjung hanya berkisar 100 sampai 200 orang per hari. Tapi seteleh mengalami perbaikan, jumlah pengunjung naik drastis.

Dilihat dari nomor kendaraan pengunjung di tempat parkir, ada yang berasal dari luar daerah Kuningan, seperti Cirebon, Bandung, Jakarta, juga Brebes (Jawa Tengah).

Menurut Yanto, jumlah pengunjung mengalami peningkatan setelah revitalisasi Waduk Darma. Tak hanya pada akhir pekan maupun momen liburan, melainkan juga pada hari biasa.

"Pengunjung yang datang saat ini lebih banyak dibandingkan sebelum revitalisasi," kata Yanto.

Dengan upaya revitalisasi, suasana kawasan Waduk Darma menjadi teduh karena banyaknya pepohonan rindang. Di sana juga tersedia banyak gazebo yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Ada juga perahu yang bisa digunakan pengunjung untuk berkeliling waduk. Wisatawan juga bisa menyewa sepeda listrik dan menyusuri trek yang tersedia.
Untuk masuk ke kawasan wisata Waduk Darma Kuningan, para pengunjung dikenakan tiket Rp 15 ribu per orang dan untuk parkir mobil Rp 10 ribu.

Salah seorang pengunjung, Rena, mengaku sengaja mengajak keluarganya untuk berlibur ke Waduk Darma. Apalagi ia mendengar kawasan wisata Waduk Darma sudah direvitalisasi.

"Sebelumnya baru denger-denger saja sih, katanya di sini sudah bagus. Ternyata benar, beda sekali dengan dulu, apalagi yang uniknya itu ada  jembatan apungnya," ujar pengunjung Rena.

Megha Nur Rahmayani

No comments

Post a Comment