Protes Anti-Israel dalam Olahraga: Mengapa Hal Ini Bisa Berdampak pada Politik Negara?

Vokaloka.com - Pementasan Piala Dunia U-20 FIFA dimaksudkan untuk menjadi lambang kebanggaan bagi Indonesia. Meskipun tidak terkenal dengan kehebatan sepak bolanya tim putra berada di urutan ke-149 dari 211 dalam peringkat resmi negara Asia Tenggara berpenduduk 277 juta orang ini terkenal dengan kecintaannya pada olahraga: 78% orang Indonesia menganggap diri mereka penggemar sepak bola.

Namun turnamen tersebut, yang akan dimulai pada bulan Mei, tiba-tiba ditarik dari Indonesia minggu lalu merugikan negara miliaran dolar, menghancurkan impian para calon perwakilan mudanya di lapangan (karena tim mereka hanya memenuhi syarat untuk bermain sebagai tuan rumah), dan meninggalkan jutaan penggemar pahit dan marah pada politisi yang diyakini bertanggung jawab atas kekacauan itu.

  • Mengapa FIFA menghapus Indonesia sebagai tuan rumah?

FIFA mengatakan pihaknya mencopot tugas tuan rumah Indonesia "karena keadaan saat ini." Keputusan dari badan pengatur sepak bola itu datang di tengah meningkatnya ketidakpastian apakah tim dari Israel akan dapat bersaing di Indonesia tanpa gangguan. Selama beberapa minggu terakhir, telah terjadi serangkaian pernyataan oleh pejabat lokal dan bahkan beberapa protes jalanan kecil yang menyerukan agar tim Israel dilarang, meskipun kualifikasi berbasis kinerja untuk turnamen tersebut. Pemerintah Indonesia telah mengantisipasi ketegangan yang meningkat atas keikutsertaan Israel, tetapi telah mencoba untuk mencapai keseimbangan dengan menegaskan bahwa mereka akan menyambut dan menjamin keselamatan semua tim yang diundang, termasuk Israel, sambil mempertahankan bahwa komitmennya terhadap Palestina tidak tergoyahkan. "Kita tidak bisa mencampuradukkan olahraga dan politik," kata Presiden Joko Widodo, yang akrab disapa Jokowi, dalam sebuah pernyataan pada akhir Maret, saat kontroversi terungkap.

Indonesia yang memiliki populasi Muslim terbesar di dunia tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan dan sering mengkritik Israel, padahal Indonesia telah lama menjadi pendukung vokal kemerdekaan Palestina. Ini bukan pertama kalinya negara Asia Tenggara memiliki masalah dengan Israel dalam acara olahraga. Pada tahun 1958, Indonesia bergabung dengan Turki dan Sudan keluar dari kualifikasi Piala Dunia untuk menghindari bermain melawan Israel, dan selama Asian Games 1962 di bawah presiden pendiri Indonesia Sukarno, pemerintah Indonesia menolak mengeluarkan visa untuk peserta Israel, memaksa Israel untuk akhirnya menarik. Baru-baru ini pada tahun 2006, Indonesia mundur dari turnamen tenis Fed Cup karena diadakan di Tel Aviv. Namun baru-baru ini, hubungan agak mereda: pada tahun 2015, seorang pemain bulu tangkis Israel bermain di Kejuaraan Dunia di Jakarta, tahun lalu seorang pemanjat tebing Israel berkompetisi di Jakarta, dan pada bulan Februari seorang pengendara sepeda Israel berlomba di UCI Track Nations Cup.

Seiring seruan agar Israel tidak ikut turnamen sepak bola musim panas ini, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mencoba menyelesaikan masalah tersebut dengan FIFA. Tapi FIFA telah mengambil keputusan, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada 29 Maret bahwa tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin. FIFA mencatat bahwa pihaknya akan terus bekerja sama dengan PSSI dalam proyek yang sedang berlangsung untuk "mengubah" olahraga di dalam negeri, tetapi sebagai sanksi tambahan atas seluruh bencana tersebut, FIFA membekukan dana pengembangan yang dialokasikan untuk PSSI hingga selesai meninjau rencana Indonesia untuk meningkatkan sepak bola di Indonesia. negara.

Sepak bola Indonesia sudah lama diburu isu korupsi dan fanatisme kekerasan. Pada 2015, FIFA menskors asosiasi sepak bola Indonesia selama satu tahun, untuk sementara melarang tim nasionalnya mengikuti kompetisi internasional, karena campur tangan pemerintah di liga domestik. Dan Oktober lalu, lebih dari 130 orang tewas dalam penghancuran stadion, mendorong penyelidikan atas kegagalan polisi dan serangkaian tuduhan dan hukuman terhadap penyelenggara dan pihak berwenang yang dianggap bersalah atas bencana tersebut. Meski demikian, Indonesia masih berharap bisa menjadi co-host Piala Dunia 2034.

  • Apa dampak ekonomi dari kekalahan turnamen?

Keputusan FIFA membatalkan persiapan Indonesia selama bertahun-tahun sejak penawarannya untuk menjadi tuan rumah turnamen tersebut dipilih atas Brasil dan Peru pada tahun 2019. (Awalnya dimaksudkan untuk dimainkan pada tahun 2021 tetapi ditunda karena COVID-19). Dex Glenniza, seorang analis sepak bola Indonesia, mengatakan kepada TIME bahwa kerugian keseluruhan bagi negara "sangat merugikan", baik dari investasi yang sekarang tidak akan dimanfaatkan sepenuhnya maupun dari hilangnya pendapatan yang diharapkan di berbagai sektor.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu mengungkapkan tahun lalu bahwa persiapan acara membutuhkan anggaran 500 miliar rupiah ($ 33,45 juta). Dan itu belum termasuk biaya renovasi tempat, kata Glenniza. Data dari Kementerian Pekerjaan Umum, laporan Voice of Indonesia, menunjukkan bahwa tambahan dana publik sebesar 322 miliar rupiah ($21,5 juta) telah digunakan untuk memperbaiki stadion dan lapangan lain untuk sesi latihan.

Piala Dunia U-20 dijadwalkan berlangsung dari 20 Mei hingga 11 Juni, dan sebuah studi dari Lembaga Pengkajian Ekonomi dan Sosial Universitas Indonesia (LPEM UI) memperkirakan lebih dari 44.000 pekerjaan akan tercipta. Koran Indonesia Kompas juga melaporkan bahwa UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), seperti pedagang barang dagangan dan makanan dan minuman, secara "konservatif" diperkirakan secara kolektif menghasilkan 1 miliar rupiah ($67.000) sehari selama acara 22 hari tersebut. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga menyarankan pendapatan yang hilang dari dua juta penonton yang diperkirakan akan disambut oleh negara di enam stadion akan berjumlah 3,7 triliun rupiah ($248 juta).

  • Siapa yang terlibat dan bagaimana pengaruhnya terhadap masa depan mereka?

Menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 akan menjadi anugerah bagi Jokowi. Politikus berusia 61 tahun itu diberhentikan dari mencalonkan diri sebagai presiden lagi dalam pemilihan negara yang akan datang tahun depan, tetapi dia terlihat tertarik untuk memperkuat warisannya di negara terpadat di Asia Tenggara itu. Bagian penting dari hal ini adalah meningkatkan peran dan reputasi Indonesia di panggung global, mulai dari menjadi tuan rumah KTT G-20 di Bali tahun lalu hingga memimpin KTT tahunan ASEAN (Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara) tahun ini. Dalam siaran kepresidenan setelah keputusan FIFA pekan lalu, Jokowi mengatakan dia "sedih dan kecewa", meskipun dia juga menyarankan agar orang tidak berusaha menuding dan "saling menyalahkan". Pada hari Sabtu, dia mengunjungi para pemain yang kini harus menonton turnamen dari rumah untuk menghibur mereka.

Tapi itu tidak membantu warisan Jokowi bahwa itu adalah anggota partainya sendiri yaitu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang merupakan tokoh sentral dalam kegagalan anti-Israel yang merugikan Indonesia dalam turnamen tersebut: Gubernur Bali Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masing-masing mengeluarkan pernyataan menyerukan pencoretan Israel dari turnamen tersebut. Dan sekretaris jenderal partai Hasto Kristiyanto menuduh FIFA menerapkan "standar ganda" ke Israel, yang memungkinkan negara untuk bersaing meskipun ada dugaan pelanggaran hak asasi manusia ketika FIFA melarang Rusia bermain di Piala Dunia 2022 karena invasi ke Ukraina.

Lebih dari sekadar warisan Jokowi, bagaimanapun, seluruh urusan dapat berdampak pada siapa penggantinya nantinya, kata A'an Suryana, seorang analis politik Indonesia dan rekan tamu di ISEAS Yusof Ishak Institute di Singapura. Ganjar dianggap sebagai pelopor: survei elektabilitas (diambil sebelum keputusan FIFA) menunjukkan dia menikmati kepemimpinan yang nyaman, diikuti oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan.

"Ganjar Pranowo paham jika dia mengeluarkan pernyataan menentang rencana kedatangan tim Israel, pertama dia melawan Joko Widodo," kata A'an. Tetapi keputusannya untuk melakukannya, kata James Dorsey, seorang rekan senior tamu di S. Rajaratnam School of International Studies di Singapura, bisa menjadi cerminan dari kekacauan "politik internal" di dalam partai.

"Dia peduli dengan elektabilitasnya," kata A'an.

Majalah Indonesia Tempo melaporkan bahwa ketua PDI-P, Megawati Sukarnoputri putri Sukarno dan secara luas diyakini tetap berpengaruh meskipun tidak lagi memegang jabatan publik telah diam-diam memerintahkan anggota partai, termasuk Ganjar dan Koster, untuk menolak keikutsertaan tim sepak bola Israel dalam turnamen U-20.

Tidak jelas apa efek kekalahan akhir turnamen terhadap angka tertentu di masa depan. Dorsey melakukan lindung nilai ketika diminta untuk memperkirakan bobot yang mungkin ditanggungnya pada pemilih Indonesia, yang dijadwalkan untuk memilih pemimpin baru pada Februari 2024 dan tampaknya lebih memprioritaskan masalah inti seperti infrastruktur dan inflasi.

Namun jika banjir komentar di postingan media sosial Ganjar menjadi indikasi, popularitasnya sudah mulai terpukul. Sentimen publik Indonesia terhadap Israel tidak terlalu hangat—jajak pendapat GlobeScan tahun 2017 untuk BBC World Service menunjukkan hanya 9% negara yang memandang Israel secara positif. Dalam beberapa tahun terakhir, perjuangan Palestina semakin terjalin dengan politik identitas Indonesia, karena publik semakin terpecah antara Muslim garis keras dan pengikut Islam yang lebih moderat.

Namun, dalam kasus Piala Dunia U-20, tampaknya publik rela melepaskan politik identitas demi olahraga: survei telepon nasional yang dilakukan pada bulan Maret menemukan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia menginginkan negara tersebut menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. turnamen bahkan dengan partisipasi Israel. (Ironisnya, mereka yang paling terbuka terhadap Israel yang bermain di tanah mereka adalah pemilih PDI-P, menunjukkan bahwa Ganjar mungkin telah menolak basisnya sendiri).

Ganjar bukan satu-satunya yang masa depan politiknya mungkin terpengaruh. Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara dan baru-baru ini diangkat sebagai ketua PSSI, dilaporkan telah mengincar kursi wakil presiden pada tahun 2024. Wartawan Indonesia minggu lalu bahwa dia akan "bekerja keras" untuk menegosiasikan kembali hukuman dan menghindari sanksi tambahan yang berat yang dapat semakin merusak perekonomian. Thohir, seorang tokoh bisnis yang sebelumnya memiliki tim sepak bola Inter Milan dan D.C. United, berada di belakang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno, menteri pariwisata, dalam survei pra-pemilihan wakil presiden, tetapi dia terus menjadi terkenal dalam memimpin- hingga turnamen U-20.



Rifqi Syahrul/Vokaloka

No comments

Post a Comment