Bercita-cita Menjadi Wanita Salihah


Setiap manusia yang hidup di dunia pasti senang dengan perhiasan dunia. Perhiasan seperti harta, tahta dan wanita. Namun diantara berbagai perhiasan yang membuat senang, wanita salihah adalah puncak dari sebaik-baik perhiasan. Karena wanita salihah laksana bidadari yang turun ke dunia untuk menjadi bagian terindah, sehingga hidup menjadi bahagia dan penuh makna. 


Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dari hadis yang diriwayatkan Imam Muslim; 


اَلدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ


Artinya: "Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita salihah." (HR Muslim dari Abdullah bin Amr).


Dari hadis tersebut, jelaslah bahwa keberadaan wanita salihah sungguh enak dipandang dan dapat membuat hati senang. Namun, sebaliknya, keberadaan wanita yang tidak salihah dapat membuat hati tegang, jiwa terasa gersang, pikiran pun melayang, bahkan badan sehat pun terasa meriang.


Ketika kita menjadi wanita salihah, maka yang mengharapkan pun seorang pangeran. Seraya ia berkata dalam syairnya "hadirmu tempat berlindungku, dari kejahatan syahwatku, Tuhanku merestui itu, dijadikan engkau istriku, engkaulah bidadari surgaku". 


Wanita salihah disini merupakan gelar idaman untuk makhluk istimewa sekaligus gelar yang diharapkan menjamin penyandangnya memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Menjadi pribadi salihah adalah impian setiap muslimah. Namun, pada kenyataannya, menjadi pribadi salihah bukanlah hal yang mudah, diperlukan usaha dan perjuangan sungguh-sungguh untuk mencapainya.


Adapun makna wanita salihah menurut al-Quran, sebagaimana Allah SWT telah berfirman dalam surah an-Nisa ayat 34;


فَالصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللّٰ


"Maka wanita yang salihah ialah wanita yang taat kepada Allah, lagi menjaga diri dari suaminya".


Karena itu, dari ayat tersebut dapat diambil pelajaran bahwa kiat-kiat menjadi wanita salihah yaitu; 

Pertama, selalu taat kepada Allah. Dapat dicontohkan seperti menutup aurat, rajin solat, puasanya tamat, zakatnya tidak telat, dan kepada orang tua selalu hormat. 


Kedua, wanita salihah adalah wanita yang hanya mencari ridho Allah. Seorang wanita salihah tujuan akhir hidupnya adalah berjumpa dengan Allah dan memperoleh surga-Nya. Oleh karena itu, ia harus mengerjakan segala amal kebaikan yang dapat mendatangkan ridho-Nya. 


Ketiga, selalu bisa menjaga diri dan kehormatannya. Menjadi seorang wanita yang menjaga dirinya demi kepentingan agama, maka ia akan menjadi sebuah harta paling berharga yang elok dipandang dan baik akhlaknya.


Demikianlah kiat menjadi wanita salihah. Semoga kita termasuk di dalamnya, dan selalu memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik. Tetap menjadi wanita istiqamah dan semoga Allah selalu mudahkan menuju jalan kebaikan. 


Rasulullah SAW telah berjamin dalam sabdanya, "Apabila seorang wanita solat 5 waktu, puasa sebulan ramadan, menjaga kehormatannya, juga taat kepada suaminya, maka dikatakan kepadanya masuklah engkau kedalam surga dari pintu mana saja yang kau mau".




Penulis: Nusyaibah Iskandar

No comments

Post a Comment