Antusias Masyarakat Margamulya Rayakan 1 Muharram 1445 Hijriyah

VOKALOKA.COM - Warga RW 03 bersama mahasiswa KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan pawai obor ke tiap RW di desa Margamulya dalam rangka menyambut 1 Muharram 1445 Hijriyah pada Selasa, (18 /07/2023). 

Kegiatan ini dicetuskan pertama kali oleh tokoh masyarakat desa Margamulya untuk memupuk rasa ketaqwaan dan ketaatan masyarakat akan pentingnya menjaga tradisi umat Islam serta berupaya sebagai sarana syiar khazanah budaya Islam. 

Masyarakat Margamulya di tiap RW nya kompak mengenakan pakaian muslim mulai dari kanak-kanak hingga orang dewasa dengan berpawai memegang obor sambil melantunkan sholawat dan pujian kepada Rasulullah SAW. 

Pawai obor di RW 03 sendiri dimulai ba'da Isya dengan titik kumpul di lapangan RW 03 di pimpin langsung oleh pimpinan Madrasah Ar-Rahman. Adapun rute dari pawai obor tersebut yakni mengelilingi tiap RW di desa Margamulya mulai dari kampung Pasirmulus, kebon kopi, kebon kembang, warung awi hingga bunderan Pangalengan. 

Salah satu mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Tegar juga mengungkapkan bahwa adanya pawai obor ini sebagai wujud mempererat kebersamaan dan perlu untuk dilestarikan karena mempunyai nilai yang baik seperti munculnya rasa syukur terhadap karunia Allah SWT yang telah di limpahkan tiada henti kepada hamba-Nya. 

"Pertama pastinya pawai obor ini sebagai pengingat kita bahwa di bulan Muharram ini merupakan pembuka awal mula tahun Hijriyah jadi untuk pengingat sejarah mengenai perjuangan Nabi SAW. Kita tahu pawai obor ini juga dilakukan bersama-samayang mana mempunyai ciri supaya kita tuh berjalan beriringan dan menjadi bukti soal menjalin kebersamaan" ucap Tegar. 


Nisa Fadhillah/Vokaloka

No comments

Post a Comment