Sedekah Laut Menyambut Tahun Baru Hijriah di Pantai Barong Gunung Kidul

VOKALOKA.COM - Menjelang tahun baru hijriah, masyarakat sekitar pantai baron Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta menggelar acara sedekah laut, Selasa (18/7/2023).

Acara sedekah laut ini diawali oleh kenduri di halaman pantai Baron. Kemudian dilanjutkan gunungan atau makanan hasil bumi yang dibawa oleh warga yang mengenakan pakaian adat Jawa.

Warga yang sudah ditugaskan membawa sesajen, berjalan bersama menuju ke tepi pantai. Sesampainya di tepi pantai, orang yang dituakan di desa tersebut, melakukan doa dengan menabur bunga yang sudah dicampur oleh minyak duyung.

Gunungan serta sesajen tadi kemudian dinaikan keatas kapal salah seorang warga untuk dilarungkan di tengah laut. Semua sesajen yang dilarungkan itu mempunyai makna tersendiri. Seperti minyak duyung yang menandakan rasa syukur kepada yang maha kuasa dan gunungan sebagai simbol hasil bumi yang telah Tuhan berikan kepada kita. 

Bapak Hajir selaku ketua panitia acara sedekah laut ini, mengatakan tujuan diadakannya sedekah laut yaitu sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas potensi wisata yang ada di pantai Baron ini. Beliau juga berharap semoga dengan diadakannya acara ini, masyarakat lebih sejahtera.

"Karena sedekah laut ini merupakan adat istiadat dan event setiap tahun, kita ungkapan sebagai rasa syukur atas semua destinasi wisata yang ada di pantai Baron. Mudah-mudahan pantai baron lebih rame dan bisa mensejahterakan masyarakat yang ada disini," ungkap Hajir selaku ketua pelaksana sedekah laut.

Tak hanya dari warga lokal saja, banyak wisatawan dari luar kota hingga manca negara juga ikut serta menyaksikan tradisi menarik ini. Mereka mengaku ingin melihat langsung proses pelarungan sesajen.

"Kebetulan lagi liburan di dekat sini, jadi sekalian melihat proses pelarungannya, ternyata menarik, " kata salah seorang wisatawan.

Salah satu warga sekitar pantai Baron yaitu Sutrisno mengatakan bahwa tradisi ini harus tetap dilestarikan karena sudah turun temurun dari nenek moyang. Mereka juga berharap pariwisata di pantai Baron ini tambah maju.

"Sedekah laut itu budaya dan tradisi orang Jawa jama dulu dan harus dilestarikan. Saya juga berharap setelah acara ini pariwisata disini semakin maju, " katanya.


Nurul Maghfiroh Rizqi Maulida

No comments

Post a Comment