Lembu Sari Farm Tetap Eksis Menjadi Pemasok Susu di Patrolsari.

VOKALOKA.COM - Desa Patrolsari merupakan salah satu Desa yang berada di Kabupaten Bandung. Desa Patrolsari ini juga memiliki keunikan di dalamnya diantara nya terdapat suatu perusahaan yang bergerak di bidang peternakan, yaitu Perusahaan "Lembu Sari Farm", yang dimana Lembu Sari Farm ini memproduksi Susu Sapi yang berkualitas.

Lembu Sari Farm ini merupakan peternakan sapi perah yang konsisten di Desa Patrolsari, setidaknya Lembu Sari Farm ini sudah berdiri sejak tahun 2002, dan memiliki sekitar 80-100 sapi perah. Jenis sapi yang ada di Lembu Sari Farm ini berbeda-beda jenisnya dari mulai sapi lokal, sapi perah, hingga Limosin.

"Dulunya, sebelum berkembang pesat seperti sekarang, saya hanya memelihara sekitar 3-5 saja untuk kebutuhan sehari-hari, tetapi dengan modal nekad saya melakukan pembelian sekitar 15 anak sapi perah untuk mengembangkan usaha ini." Tutur Asep selaku pemilik peternakan sapi perah tersebut.

Dikarenakan memiliki jumlah sapi yang banyak pak Asep selaku pemilik Lembu Sari Farm ini mendistribusikan produk susu ini keberbagai daerah seperti, Ciparay, Baleendah, Buah Batu hingga ke Cianjur. "Untuk pemasarannya kita suplai pedagang pedagang kecil di daerah sini yang membutuhkan susu ini" ucapnya.

Selain untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari, permintaan susu sapi dari konsumen sangatlah beragam dari mulai untuk kecantikan, kebutuhan industri hingga dijadikan sebagai suplemen makanan yang baik.

Tidak hanya perkembangan nya yang pesat, Lembu Sari Farm ini juga kadang mengalami keluhan seperti adanya virus dan susahnya ketersedian pakan bagi sapi sapinya "Ya jelas, Setiap perusahaan ada plus minusnya ya kalau plus nya banyak lahh seperti membantu lingkungan sekitar untuk hidup sehat, dan minusnya yaitu kalo sapi sudah terjaring virus seperti virus PMK kemarin dan pakan yang kurang". Ucap Asep.

Terlepas dari itu Lembu Sari Farm ini merupakan salah satu peternakan sapi yang konsisten dan terlebih Lembu Sari Farm ini sudah bisa membuat wilayah sekitar untuk hidup sehat walaupun banyak hambatan didalamnya.



Rafi Hidayat Ruswandi

No comments

Post a Comment