Eratkan Silaturahmi, PKK Desa Cibiruhilir Selenggarakan Majelis Taklim Kolaborasi dengan Safari Dakwah Bandung Raya

VOKALOKA.COM, Bandung - Dalam rangka pengajian rutin Al-Hidayah ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) menggelar kegiatan Majelis Taklim Desa Cibiruhilir yang berkolaborasi dengan Safari Dakwah Bandung Raya. 

Syeikh Anas Jaber menjadi Narasumber Majelis Taklim bertajuk "Hidup Mulia dengan Al-Qur'an". Syeikh Anas Jaber merupakan adik kandung almarhum Syeikh Ali Jaber. Syeikh Anas Jaber juga merupakan seorang da'i internasional dan hafizh Qur'an sejak kecil. 

Kegiatan ini diselenggarakan bertempat di gedung serbaguna Desa Cibiruhilir Jl. Pilar Biru Raya Kec. Cileunyi Kab. Bandung, Selasa (17/10/2023). Dimulai dari pukul 09.00 hingga pukul 11.30 WIB.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dari pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur'an, sambutan-sambutan, acara inti yakni tausiyah, sesi tanya jawab, do'a dan penutup.

Ketua Panitia Pengajian Desa Cibiruhilir, Heni menuturkan sambutannya "Tujuan kami masih mempertahankan tradisi ini adalah yang pertama karena takdir Allag serta mempunyai kepala desa yang peduli terhadap ilmu agama. Yang kedua, meyakini majelis ini masuk kategori majelis yang berpotensi mendatangkan rahmat dari Allah SWT. Yang ketiga, menurut hadis shahih  " Siapa yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, Allah akan mudahkan jalannya menuju surga". Dan yang terakhir, sebagai ajang silaturahmi antar majelis taklim yang berada di wilayah Cibiruhilir," ungkapnya.

Kepala Desa Cibiruhilir, Dadang Silahudin menyampaikan "Ini merupakan visi misi saya di dalam mengemban amanah menjadi Kepala Desa Cibiruhilir salah satunya itu adalah agamis. Saya di sini ingin menegakkan ataupun ingin mengembangkan agama terutama agama Islam yang ada di Desa Cibiruhilir. Makanya diadakanlah pengajian seperti ini. Kita harus melakukan segala sesuatu berdasarkan dengan lillahi ta'ala," paparnya. 

Dalam pemaparannya, Syeikh Anas Jaber, menegaskan "Dekatkan dirimu dengan Al-Qur'an kalau ingin bertemu dengan Rasulullah. Kalau kita cinta Rasulullah maka cintailah Al-Qur'an. Orang tawadhu tidak pernah melihat dirinya sebagai ahli surga. Cintailah Al-Qur'an, muliakanlah Al-Qur'an, muliakan Rasulullah, muliakan sahabat Rasul. Allah pertemukan di surga, Allah berikan syafaat kepada orang shalih shalihah," jelasnya. 

Kepala urusan umum, Agus Dwi Santoso, mengungkapkan pesan dakwah yang diperoleh dari Syeikh Anas Jaber dalam tausiyahnya "Jangan pernah menyerah, jangan pernah merasa walaupun kita belum bisa membaca Al-Qur'an tapi kita harus tetap selalu dan berusaha untuk bisa membaca al-Qur'an dan mengamalkan artinya," ujarnya. 

Kegiatan majelis taklim ini pada awalnya merupakan suatu agenda yang dilaksanakan oleh tim penggerak PKK Desa Cibiruhilir, kelompok kerja (Pokja)  1 sampai Pokja 4. Kemudian diprakarsai oleh Pokja 4 sekaligus menjadi pengurus majelis taklim tingkat Desa Cibiruhilir yang diadakan setiap satu bulan sekali di pekan kedua. 

Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah panitia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Desa Cibiruhilir, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Cibiruhilir, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Cibiruhilir, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Cibiruhilir, dan perangkat desa lainnya. Kegiatan ini ditutup dengan zakat infaq melalui pembayaran pembelian al-Qur'an. 

Reporter : Siti Sulistiyani

No comments

Post a Comment