ROMANTISME MASA KE PRESIDENAN SOEHARTO MENJELANG PILPRES 2024



Romantisme dimaknai sebagai sebuah kecenderungan seseorang melihat sisi positif pada suatu peradaban di masa lalu yang jauh berbeda dengan peradaban saat ini. Dalam sejarah juga romantisme sering dianggap pandangan terhadap masa lalu yang berlarut-larut serta ingin membawa kondisi baik di masa lalu ke masa sekarang.

Pemikiran romantisme ini muncul pada awal abad ke-19 dengan ditandai maraknya aksi apresiasi kepada tokoh-tokoh besar pada zaman pertengahan di Eropa. Beberapa tokoh filsafat yang tergolong dalam romantisme diantaranya Francois Auguste, Waltert Scott, Thomas Charlyle.

Saat ini Indonesia sedang menuju persiapan penyelenggaraan Pilpres 2024. Terdapat tiga calon yang sudah diusung oleh berbagai partai yaitu pasangan nomor urut 1 diduduki oleh Anies Baswedan dan Muhaimin, sedangkan pasangan nomor urut 2 yaitu Prabowo dan Gibran, dan pasangan nomor urut 3 adalah Ganjar dan Mahfud MD. Meskipun terdapat 3 calon presiden yang hebat dengan berbekal pengalaman memimpin yang mumpuni namun tidak dapat dipungkiri romantisasi masyarakat tetap muncul terhadap kembalinya masa keemasan dari kepemimpinan Soeharto yang dimana perekonomian kian makmur dengan segala bahan pokok dibandrol dengan harga terjangkau, bahan bakar yang mujrah dan melimpah hal ini berbalik dengan kondisi yang terjadi pada saat ini



Nama               :Nadhira Aqillahaya

Nim                 : 1205010128

Matakuliah      : Filsafat Sejarah

No comments

Post a Comment