Explore Keindahan Situ Patenggang: Sebuah Petualangan di Tengah Kebun Teh dan Danau yang Menakjubkan


VOKALOKA.COM - Situ Patenggang adalah satu dari sekian banyak objek wisata yang ada di Bandung Selatan, tepatnya di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Situ Patenggang merupakan sebuah Danau yang berada di ketinggian 1600 mdpl, dengan 48 hektar total luas area wisata tersebut.
Jarak dari pusat kota menuju Situ Patenggang cukup jauh, bisa ditempuh dengan waktu ± 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan. Tapi ketika sahabat Voka sudah masuk ke daerah Ciwidey, pemandangan, suhu, kesegaran akan terasa di tengah perjalanan.

Walaupun jarak yang jauh, percaya deh ketika di perjalanan saja bakal terbayar capeknya dengan melihat kebun teh yang begitu luas. Sebelum sampai ke kawasan situ, kalian bisa istirahat di antara kebun teh dan bisa menikmati udara yang dingin.

Pengelola Situ Patenggang menentukan biaya masuk kawasan wisata tersebut dengan bandrol Rp 25.000/ Orang, selain itu jika menggunakan motor ditambah biaya masuk motor Rp 3000/motor. Sayangnya ketika sudah membayar 3000/motor  nanti kalian bayar lagi parkir di bawah dengan biaya Rp 10.000/motor.

Percaya deh, biaya tersebut bakal terbayar dengan pemandangan yang begitu indah. sejuk, asri, dan mengagungkan. Saya aja pertama ke sana terkesan dengan keindahannya, sampe-sampe gak berhenti mengucapkan rasa syukur masih bisa merasakan salah satu ciptaan Allah Swt ini.

Selain bisa menikmati kawasan Situ Patenggang dengan menjelajahi tiap sudut dengan berjalan kaki, kalian juga bisa menyewa perahu di sana. tarif yang ditetapkan bervariasi tergantung ukuran perahunya. Saya sih waktu sewa dikasih Rp 350.000 satu kapal dengan kapasitas maksimal 24 orang, dan bebas mengelilingi Situ Patenggang hingga 3 jam lamanya. Tapi itu yang dayung temen-temen juga sih, jadi agak kesusahan untuk menjelajahi tiap spotnya, buat kalian yang emang mau naik perahu mendingan sewa juga sama nahkodanya biar aman dan terjamin keselamatannya hehehe..

Lupa gak diceritain, sebelum masuk nanti bakal ditawarin. Mau menikmati danaunya aja atau sama wahana yang lain. Tapi waktu itu saya dan temen2 milih untuk menikmati danaunya aja, jadi bayarnya cuma 25k. Kalo mau menikmati wahana yang lain budget yang harus dikeluarkan Rp 50.000/orang. Saya ga bisa terlalu detail jelasin apa aja yang didapat jika bayar wahana itu, tapi yang dilihat ada jembatan gantung, taman kelinci, motor-motoran gitu.

Sebelum pulang, bisa banget loh beli oleh-oleh khas Ciwidey di sana. Biasanya di tempat parkir ada aja yang nawarin buah strawberry atau di jalan arah pulang biasanya banyak berederet pedagang strawberry juga, lumayan buah tangan buat dikasih ke sanak saudara yang ga ikut hehehe. 

Kalo Voka Rangers, ada cerita apa aja selama ke Situ Patenggang? Atau mau nyoba akhir pekan nanti? Gas, ditunggu cerita menariknya!!


No comments

Post a Comment