Bahaya Tidur Setelah Sahur bagi Kesehatan

Dalam menjalani kewajiban puasa di bulan Ramadhan, sahur adalah satu-satunya yang paling tepat untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan kuat selama seharian berpuasa. Pada bulan Ramadan, umat Muslim yang berpuasa dianjurkan menjalankan sahur. Sahur dapat memberikan kekuatan fisik sepanjang hari, selama berpuasa 14 jam.
 
Namun karena hal itu sebagian besar orang mengalami siklus tidur yang terganggu karena harus bangun lebih awal untuk makan sahur. Nggak jarang juga banyak orang yang langsung memilih tidur lagi setelah makan sahur. Sebenernya, kebiasaan tidur setelah sahur harus diwaspadai.

Kembali tidur setelah kenyang makan saat sahur memang terasa nikmat. Apalagi kalau jeda waktu sebelum memulai aktivitasnya masih lama. Tidur setelah sahur ternyata dapat memberi efek negatif pada tubuh dan gejalanya juga dapat menganggu aktifitas puasa selama bulan ramadhan. Bukannya bermanfaat hal ini malah menjadi boomerang bagi kesehatan.
 
Ada beberapa bahaya tidur setelah sahur diantaranya. 
  • Pertama, menyebabkan asam lambung naik karena sistem pencernaan tidak memproses makanan dengan baik saat kita tidur dan akibatnya perut jadi terasa perih, melilit dan mual. 
  • Kedua, tidur setelah sahur bisa memicu Gerd yakni kondisi asam lambung yang naik ke kerongkongan pada saat berbaring sehingga asam lambung yang diproduksi dapat mengalir keatas dan menimbulkan nyeri hulu hati, mulut pahit, sendawa hingga mual dan muntah. 
  • Ketiga, dapat menimbulkan sembelit karena makanan akan tertahan lebih lama dilambung dan tidak dapat bergerak ke usus. 
  • Keempat, dalam jangka panjang kebiasaan tidur setelah sahur bisa meningkatkan risiko obesitas karena cenderung menyebabkan penimbunan lemak ditubuh. Sehingga tubuh membutuhkan waktu setidaknya 2 sampai 3 jam waktu untuk mencerna makanan yang baru dikonsumsi sebelum kembali tidur lagi, agar saluran pencernaan dapat mencerna makanannya secara optimal.
Bahaya tidur setelah sahur tidak dapat dipandang sebelah mata. Jadi, jangan jadikan ini kebiasaan yang dapat merugikan kesehatan. selain itu banyak aktivitas yang bisa dilakukan setelah sahur seperti shalat, doa, membaca Al-Quran dan kegiatan islami lainnya. Apalagi sekarang Bulan suci waktu yang tepat untuk memperkuat dunia spiritualitas dengan Sang Pencipta.

Muthi Muthmainah/Vokaloka
( Hide )
  1. Mudah-mudahan Kita bisa istiqomah untuk mengisi Ramadan dengan beragam ibadah

    ReplyDelete