Menurut Ahli, Durasi Tidur Siang yang Ideal Ketika Puasa Hanya 10-20 Menit

Vokaloka.com - Tidur siang saat berpuasa dapat menjadi hal yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, perlu diingat bahwa tidur siang hanya akan memberikan manfaat jika durasinya tidak berlebihan. Baru-baru ini, seorang ahli kesehatan dari Dubai mengatakan bahwa durasi tidur siang yang ideal saat berpuasa hanyalah sekitar 10-20 menit, yang dikenal sebagai power nap. Power nap ini bisa memberikan manfaat optimal bagi tubuh, terutama dalam mengembalikan energi dan fokus yang berkurang saat berpuasa di bulan Ramadan.


Namun, penting untuk diingat bahwa tidur siang yang berlebihan bisa berdampak buruk pada tubuh. Dr. Fabrizio Facchini, Konsultan Paru dan Pakar Gangguan Tidur dan Pernafasan di Valiant Clinic mengatakan bahwa mengatur jadwal tidur merupakan kunci untuk menjaga jam biologis tetap stabil. “Mengatur jadwal tidur dan menaatinya adalah langkah pertama untuk menjaga jam biologis Anda tetap stabil, dan membiarkan diri Anda beristirahat dengan lebih baik,” katanya.


Para ahli lain juga setuju bahwa tidur siang lebih dari 20 menit dan kurang beraktivitas merupakan hal yang perlu dihindari selama berpuasa. Tidur siang yang berlebihan dapat membuat seseorang merasa lebih lelah dan mengganggu jadwal tidur, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kualitas pekerjaan atau aktivitas lainnya.


Dalam menghadapi bulan puasa, mengatur pola tidur menjadi hal yang sangat penting. Dengan menjaga jadwal tidur yang stabil, seseorang akan merasa lebih segar dan fokus saat menjalankan aktivitas di siang hari. Selain itu, hindari tidur siang yang berlebihan dan kurang beraktivitas agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.


Novaldy Akbar/Vokaloka
Rayza/Editor

No comments

Post a Comment