Festival Seba Baduy 2023, Ribuan Pengunjung Ramaikan Lebak Banten

VOKALOKA.COM - Apakah Vokalovers pernah melihat atau mendengar upacara Seba Baduy? Jika belum, jangan khawatir Seba Baduy merupakan upacara adat tahunan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat baduy kepada sang maha kuasa atas keberkahan hasil bumi atau pertanian. Selain itu, masyarakat baduy dalam memakai pakaian serba hitam dan ikat diatas kepala berwarna putih. Sebaliknya, masyarakat baduy luar memakai pakaian serba hitam dan ikat diatas kepala berwarna biru.

Mereka jalan beramai-ramai tanpa menggunakan alas kaki dari Desa Kanekes menuju Pendopo Kabupaten Lebak dengan membawa hasil bumi dari ladang mereka masing-masing untuk diserahkan kepada pimpinan daerah setempat. Ketika sampai di pendopo Kabupaten Lebak mereka memberikan upeti dan sebelum upeti diberikan, tetua suku Baduy melakukan pembacaan rajah.

Vokalovers tau gak apa itu rajah? rajah yaitu semacam tulisan yang di dalamnya terdapat simbol-simbol tertentu yang pastinya memiliki makna atau bisa disebut juga dengan jimat untuk menjauhkan dari segala marabahaya dan memohon perlindungan kepada sang leluhur. 

Upacara Seba akan terus dipertahankan sampai sekarang karena warga Suku Baduy memiliki prinsip kepercayaan yang sangat kuat. Mereka mempercayai bahwa seluruh alam semesta beserta isinya adalah titipan Sang Maha Kuasa dan manusia tugasnya menjaga dengan sebaik-baiknya.

Tradisi Seba Baduy ini adalah wujud syukur warga Baduy tujuannya untuk menjalin silaturahmi kepada para pemimpin daerah termasuk gubernur dan bupati. Tidak hanya itu, di acara Seba Baduy 2023 ini terdapat fotografi seni desain, dan pameran ekonomi kreatif. Ketika Festival berlangsung, Vokalovers bisa melihat bazar UMKM yang tentunya menjual berbagai macam aneka produk kriya lokal,kuliner,hasil tani, dan desain.

Oh iya Vokalovers, kita juga bisa menjelajahi ruangan hasil karya warga Baduy loh. Seperti, mengunjungi pembuatan kain tenun khas Baduy, dan masih banyak lagi. Dilanjutkan mengunjungi ruangan yang didalamnya menceritakan aktivitas-aktivitas warga Baduy setiap harinya serta terdapat foto-foto suasana di kampung Baduy.

Vokalovers pasti sudah terbayangkan keseruannya di festival Seba Baduy 2023? Tentunya kita mendapatkan pengalaman menarik dan seru serta menambah pengetahuan budaya. Vokalovers jika penasaran dan ingin melihat langsung acara Seba Baduy nantikan di tahun 2024 di Kabupaten Lebak, Banten.



Nurul Alfiani/Vokaloka

No comments

Post a Comment