Pantai Ujung Genteng, Mutiara Tersembunyi Yang Wajib Dikunjungi

VOKALOKA.COM - Hawa panas menyambut kedatangan kami di Sukabumi, setelah melalui perjalanan kurang lebih 6 jam. Perjalananku dalam rangka mengisi hari libur bersama keluarga. Kebetulan kuliah sedang libur, jadi aku bisa ikut ke Sukabumi. Lumayan, sambil refreshing.

Pertama kali tiba di Sukabumi, aku sangat letih karena perjalanan Bogor-Sukabumi yang cukup jauh, ditambah hawa siang itu yang memang cukup panas. Rasanya aku ingin keluar mencari udara segar, juga ingin keliling melihat-lihat pemandangan di kota mochi ini. Tapi tidak tahu harus kemana. Untunglah ada pamanku, paman Ujun, yang mau mengajakku keliling-keliling disekitaran pantai.

Ujung Genteng adalah nama pantai di Kabupaten Sukabumi. Pantai ini tepatnya berada di Kecamatan Ciracap, Jawa Barat. Tepatnya 200 km dari Ibu Kota Negara Republik Indonesia yakni Jakarta. Pantai Ujung Genteng mempunyai keunikan yang berbeda dengan pantai lainnya. Dalam perjalanan menuju ke lokasi akan disuguhkan Panorama Pesisir pantai Pelabuhan Ratu yang sangat terlihat jelas dari atas bukit Bagbagan. Mendekati tujuan lokasi, akan bersapa dengan Perkebunan Kelapa yang berhamparan bersama Sapi-Sapi yang dilepas tanpa kandang untuk mencari makan. Sapi-Sapi ini digembalakan dan dirawat oleh penduduk sebagai pemiliknya. Di Ujung Genteng ini pun aku bisa melihat penyu hijau atau Chelonia Mudas pada malam hari. Penyu-penyu itu bertelur dan menggali lubang untuk telurnya dan menutup lubang tersebut. Aku bisa menyentuh penyu-penyu cantik tersebut.

Pantai Ujung Genteng merupakan pantai yang masih sangat asri dan alami. Hal itu dikarenakan belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Meskipun demikian, Pantai Ujung Genteng memiliki potensi wisata yang patut dikembangkan, pengembangan Pantai Ujung Genteng  akan terlaksana apabila informasi tentang pantai ini cukup banyak. Saat ini Pantai Ujung Genteng cenderung banyak didatangi oleh wisatawan Mancanegara. Namun belum sebanyak wisatawan yang mengunjungi objek wisata lain yang lebih terkenal. Meskipun tidak banyak, wisatawan lokal pun kadang terlihat disekitar Pantai Ujung Genteng. Sedikitnya pengunjung yang mengunjungi Pantai Ujung Genteng dikarenakan informasi dan promosi tentang pantai ini masih sangat kurang. Selain itu, akses untuk menuju Pantai Ujung Genteng masih sangatlah sulit dan terbatas.

Pamanku berkata, namun di balik keindahannya ternyata Pantai Ujung Genteng menyimpan cerita mistis tersendiri dan bahkan bisa dibilang pantai ini cukup angker. Hal tersebut dikarenakan pantai ini seringkali meminta korban, seperti yang terjadi pada tahun 2016 silam. Dimana ada 3 orang mahasiswa yang berasal dari Institut Teknologi Nasional Bandung terseret ombak dan kemudian dinyatakan hilang. Untuk itu bagi siapapun yang berkunjung kesana, tetap hati-hati ya. Stay safe and stay healthy.

Nadiya Nadha/Vokaloka 

No comments

Post a Comment