Persiapan Pelaksanaan KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung Hampir Mencapai Puncaknya

VOKALOKA.COM, Bandung, 22 Juni 2023 - UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah mencapai puncak persiapan dalam rangka pelaksanaan KKN (Kuliah Kerja Nyata) tahun ini. Mahasiswa dan pihak universitas bekerja sama dengan penuh semangat untuk memastikan pelaksanaan KKN berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Dalam persiapan yang intensif selama beberapa bulan terakhir, UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah mengorganisir serangkaian kegiatan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam melaksanakan KKN. Kegiatan ini termasuk pelatihan, bimbingan, dan persiapan logistik yang diperlukan untuk memastikan keberhasilan program tersebut.

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., CSEE., mengungkapkan rasa bangganya terhadap semangat dan dedikasi mahasiswa dalam persiapan KKN ini. "KKN merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa yang telah berkomitmen dan siap memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan daerah sekitar," ujarnya.

Pelaksanaan KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 11 Juli 2023 dan berlangsung sekitar empat puluh hari. Dengan bertemakan "Moderasi Beragama". Rencananya, sekitar 6300 mahasiswa dari berbagai program studi akan ditempatkan di 3 kabupaten, 17 kecamatan dan 140 desa. 

Adapun target KKN-MB adalah terwujudnya nilai-nilai kebangsaan yang harmoni dalam keberagaman, terjaga Bhinneka Tunggal Ika, terjaga kesatuan NKRI, terwujudnya masyarakat yang mandiri dan maju dalam kerangka kebhinekaan dan keutuhan dalam keragaman budaya, bahasa dan agama.

Ketua Pelaksana KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Aep Kusnawan menjelaskan bahwa selain memberikan manfaat bagi masyarakat, KKN juga merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang mereka peroleh selama kuliah. "Melalui KKN, kami berharap mahasiswa dapat mengalami langsung tantangan di lapangan dan memperoleh pengalaman berharga dalam konteks kehidupan nyata," tambahnya.

Sebagai bagian dari persiapan akhir, tim KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung akan melaksanakan rapat koordinasi dengan pihak desa dan lembaga terkait. Rapat tersebut bertujuan untuk menyamakan visi dan misi serta memastikan kolaborasi yang sinergis antara mahasiswa dan masyarakat setempat.
Diharapkan, melalui kolaborasi antara universitas, mahasiswa, dan masyarakat, KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun ini akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar.

Muhammad Ramadhani/Vokaloka

No comments

Post a Comment