Karang Taruna Bukan Sekedar Panitia "Agustusan"

VOKALOKA.COM - CIPARAY, Karang Taruna, sebuah organisasi pemuda dan remaja yang tersebar di seluruh Indonesia, telah lama dikenal sebagai panitia penyelenggara peringatan Hari Kemerdekaan, Agustusan. Namun, dibalik peran penting mereka dalam menyelenggarakan acara tersebut, Karang Taruna sebenarnya memiliki peran yang lebih besar dan beragam dalam memajukan masyarakat.

 
Karang taruna Kab. Bandung mengadakan pembinaan bagi setiap karang taruna yang ada di kawasan Kabupaten Bandung. Kegiatan ini merupakan program dari karang taruna kabupaten kepada setiap karang taruna dengan menghimpunnya di satu kecamatan.

 
Kegiatan Bina Wilayah Karang Taruna Kabupaten Bandung 2023 mengangkat tema Memperkuat Solidaritas dan Konsolidasi Pengurus Karang Taruna dalam Merealisasikan Pelayanan Kesejahteraan Sosial yang Bedas. Kecamatan Ciparay ini merupakan Kecamata Ke-7 dalam pelaksanaan pembinaan karang taruna yang dilakukan oleh karang taruna Kabupaten Bandung.


Pembinaan diadakan pada Hari Kamis, 21 September 2023 yang bertempat di aula Kecamatan Ciparay. Kegiatan ini mengundang seluruh karang taruna desa/kelurahan yang ada di Kecamatan Ciparay dengan diwakili oleh Ketua, sekretaris dan bendahara karang taruna. Dari 14 karang taruna desa/kelurahan di Kecamatan Ciparay terdapat 12 karang taruna desa yang ikut hadir dalam kegiatan pembinaan ini.


Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB. Sebelum kegiatan dimulai, setiap perwakilan karang taruna desa/kelurahan mengisi kuesioner tentang seberapa aktif program ataupun kegiatan yang ada di desanya masing-masing. Hal ini digunakan untuk mengukur seberapa aktif program-program yang dimiliki setiap karang taruna di desanya.

Dalam kegiatan ini disampaikan terkait arah kebijakan karang taruna yang ada di Kab. Bandung, hal ini meliputi karang taruna kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan. Dalam materi yang disampaikan oleh staf bidang SDM Kab. Bandung, beliau menuturkan bahwa ada tiga arah kebijakan dari karang taruna Kab. Bandung, yaitu Penguatan kelembagaan, SDM, Pelayanan kesejahteraan sosial dan pemahaman ekonomi sebagaimana visi dan misi Karang Taruna Kab. Bandung.

Selain itu, beliau juga menyampaikan tentang kondisi karang taruna kabupaten saat ini menggunakan analisis SWOT. Karang taruna memiliki kekuatan di sumber daya manusia yang melimpah, karena jika semua anggota karang taruna bersatu untuk melakukan kegiatan bersama-sama, maka ini merupakan hal yang sangat menguntungkan bagi wilayah. Namun, yang menjadi masalah adalah image buruk di masyarakat serta manajemen organisasi yang lemah sehingga menghambat keberjalanan organisasi.

Menurut Ibu Lulu (Kasi Sosbud Kecamatan Ciparay) Stereotip yang beredar di masyarakat menyebabkan image karang taruna menjadi buruk dan dianggap hanya sebagai panitia dalam peringatan agustusan menjadi salah satu hal yang melatar belakangi kegiatan ini. Dibalik itu, banyak program-program yang harus dilaksanakan karang taruna karena saat ini karang taruna menjadi bagian dari lembaga desa. Sehingga, posisinya sejajar dengan lembaga-lembaga lain, misalnya PKK, RT, RW, Posyandu dan lain sebagainya.

"Karena Karang Taruna Kabupaten juga mitra PemKab kan, yang kecamatan juga sama mitra kerja pemerintah kecamatan, desa juga. Jadi ya harus saling sinergi sih intinya, sama-sama melaksanakan program biar ikut membantu, ikut menyukseskan program pemerintah. Intinya mah kesana" Ujar Bu Lulu.

Jadi, kegiatan ini guna untuk menegaskan kembali terkait tanggung jawab dan tugas dari karang taruna baik yang ada di Kecamatan Ciparay, maupun desa atau kelurahan dibawah naungan Kecamatan Ciparay. Diharapkan setiap karang taruna memiliki kesadaran akan tugasnya sebagai mitra pemerintah yang paling dekat dengan masyarakat dan tidak hanya muncul pada saat momen tertentu sehingga masyarakat merasakan kehadirannya di tengah-tengah mereka.



Reporter: Siti Marsela

No comments

Post a Comment