Petugas Gober Cipadung Kulon Ciptakan Solusi Pengolahan Sampah Organik

VOKALOKA.COM -  Bandung, 21 September 2023 - Di tengah tuntutan akan pengelolaan sampah yang lebih ramah lingkungan, petugas dari Kelurahan Cipadung Kulon telah berhasil menciptakan solusi terdepan untuk pengolahan sampah organik. Solusi inovatif ini menjanjikan potensi besar dalam mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan dan menciptakan sumber daya baru yang berguna

Kesadaran akan masalah sampah organik semakin meningkat di seluruh dunia, dan Kelurahan Cipadung Kulon tidak tinggal diam. Tim petugas Gober (Gotong Royong dan Bersih Bersih) di bawah kepemimpinan Bapak , telah bekerja keras untuk menemukan solusi yang efektif dan berkelanjutan.

Sistem pengolahan sampah organik ini menggabungkan teknologi modern dengan pendekatan berkelanjutan. Sampah organik yang dikumpulkan dari warga di daerah ini akan diangkut ke pusat pengolahan yang dilengkapi dengan mesin pengomposan canggih. Mesin ini memproses sampah organik menjadi pupuk organik berkualitas tinggi yang dapat digunakan untuk pertanian lokal.

Salah satu aspek yang membuat solusi ini begitu berharga adalah kontribusinya terhadap lingkungan. Dengan mengurangi jumlah sampah organik yang masuk ke tempat pembuangan akhir, Kelurahan Cipadung Kulon dapat mengurangi risiko pencemaran tanah dan air. Selain itu, produksi pupuk organik mengurangi ketergantungan petani pada pupuk kimia yang dapat merusak lingkungan.
 
Penduduk setempat sangat mendukung inisiatif ini, karena telah terlihat peningkatan kualitas udara dan lingkungan mereka. Selain itu, program Gober juga menciptakan peluang kerja bagi warga kelurahan, memperkuat rasa kebersamaan, dan mempromosikan kesadaran lingkungan yang lebih tinggi.

Salah seorang petugas Gober, Kang Saepuloh berbicara tentang visi mereka. "Kami ingin menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan lebih sehat untuk masyarakat kami. Dengan solusi ini, kami dapat mengurangi dampak negatif sampah organik dan sekaligus memberikan manfaat positif dalam bentuk pupuk organik yang berguna."

Reaksi warga sejauh ini sangat positif. Banyak yang berpartisipasi aktif dalam program ini dengan menyortir sampah organik mereka dengan lebih teliti. Selain itu, beberapa petani lokal telah mulai menggunakan pupuk organik hasil dari sistem ini dan melaporkan hasil panen yang lebih baik. 

Pemerintah daerah juga memberikan dukungan penuh terhadap inisiatif ini. Dan Kepala Kelurahan Cipadung Kulon Muhammad Firman mengatakan, "Kami bangga dengan upaya tim Gober dan sangat mendukung langkah-langkah untuk menjaga lingkungan kami tetap hijau dan sehat." ujarnya.

Inisiatif petugas Gober di Kelurahan Cipadung Kulon ini merupakan langkah positif dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Dan solusi pengolahan sampah organik ini sekarang menjadi contoh bagi daerah lain yang juga mencari cara untuk mengatasi masalah sampah organik.

"Diharapkan bahwa dengan semakin banyak komunitas yang mengadopsi pendekatan serupa, kita dapat membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik untuk kita semua. Dan harapannya, Gober dapat menjadi tonggak penting dalam mengatasi masalah sampah organik di seluruh kota," Ucap Muhammad Firman


Reporter/ Muhammad Jauza Dhiya Ulhaq

No comments

Post a Comment