Lurah Derwati Adakan Upacara Bendera dan Peringatan Hari Batik Nasional

VOKALOKA.COM - Bandung - Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober adalah momen yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Untuk memperingati hari bersejarah ini, Lurah Derwati beserta karyawan kelurahan menggelar upacara bendera dan peringatan khusus di lapangan kantor kelurahan. Acara tersebut merupakan ungkapan cinta dan kebanggaan akan kekayaan budaya Indonesia, khususnya batik.(2/10/2023)

Pagi cerah di Desa Derwati menjadi saksi pelaksanaan upacara bendera yang diikuti oleh perwakilan tiap RW, tokoh masyarakat, dan aparat desa. Pemerintah desa turut mendukung pelaksanaan peringatan ini sebagai bentuk komitmen dalam melestarikan budaya Indonesia.

Sebagai bagian dari perayaan, upacara dimulai dengan mengenalkan sejarah dan nilai-nilai budaya batik. Batik telah menjadi bagian integral dari kebudayaan Indonesia sejak lama dan telah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Dalam sambutannya, Lurah Derwati, Pak Slamet menyatakan rasa bangga terhadap kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia, khususnya batik. "Batik adalah identitas kita sebagai bangsa, dan kita harus menjaga serta mempromosikannya ke seluruh dunia," ujar Slamet.

Setelah upacara bendera, rangkaian acara dilanjutkan dengan pentas seni budaya yang menampilkan beragam karya seni, mulai dari tari tradisional, musik, hingga pameran batik. karyawan kelurahan dengan antusias memamerkan batik yang mereka kenakan.

"Peringatan Hari Batik Nasional ini juga menjadi kesempatan untuk mengedukasi generasi muda tentang pentingnya melestarikan dan memahami seni batik. Pendidikan tentang teknik, makna, dan sejarah batik diintegrasikan dalam program pembelajaran di sekolah-sekolah." pungkasnya.

Reporter : Raihan Rivaldi Malik

No comments

Post a Comment