Waspadai Cuaca Buruk di Bandung, Masyarakat Diminta untuk Siaga

VOKALOKA.COM, Bandung - Hari ini, Kota Bandung dilanda perubahan cuaca karena tiba-tiba diguyur hujan deras. Masyarakat pun sempat terhambat melakukan aktivitas terutama di perjalanan dikarenakan jalanan yang banjir dan mengakibatkan kemacetan, Sabtu (13/05).

Pada hari Jum'at (12/05) kemarin cuacanya masih sangat bagus terutama di daerah Cibiru. Langitnya yang sangat cerah hingga sore hari tidak ada hujan deras sehingga masyarakat mengira, bahwa tidak akan terjadi perubahan cuaca. Namun, hari ini 13 Mei 2023, cuaca di Bandung berubah drastis. 

Beberapa sumber menyatakan bahwa ada kemungkinan badai petir dengan intensitas yang cukup tinggi pada pagi dan siang hari. Hal ini diikuti dengan hujan lebat pada sore atau bisa jadi hingga malam hari. Suhu udara tetap berkisar antara 21-27 derajat Celsius.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan deras ini diprediksi akan terus turun hingga sore hari. Dan benar saja bahwa sore hari ini, hujan baru reda. BMKG juga mengimbau kepada warga Bandung untuk waspada terhadap potensi bencana seperti banjir dan longsor.

Cuaca buruk ini juga menyebabkan sejumlah kegiatan di Kota Bandung terganggu. Para pengguna jalan juga diminta untuk berhati-hati saat berkendara, karena kondisi jalan yang banjir dan licin sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Sebagian masyarakat juga belum mempersiapkan untuk membawa jas hujan karena kemarin dan pagi hari tadi cuaca masih terlihat cerah dan tidak disangka akan terjadi hujan yang deras sehingga mengakibatkan banjir. Sehingga mereka harus menerabas hujan ditengah aktivitasnya dan tidak sedikit yang terhambat dikarenakan kondisi jalanan yang tiba-tiba banjir.

"Saya naik trans metro dari Cibiru ke Cibeureum dari jam 12 siang dan di daerah Cibiru sampai Kiara Condong cuaca masih cerah dan setelah sampai flyover dekat Kopo tiba-tiba mendung dan tidak la hujan deras. Jadi saya harus hujan-hujanan karena tidak membawa jas hujan soalnya saya kira tidak akan hujan karena tadi masih panas terik", ujar Wiwin salah satu penumpang trans metro Bandung.

Maka dari itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan terutama saat cuaca buruk seperti hujan lebat atau badai petir. Diharapkan juga untuk tetap mencari informasi dari sumber resmi dan menghindari beraktivitas di luar ruangan jika tidak sangat penting pada saat cuaca buruk.




Novi Nurhikmah/Vokaloka

No comments

Post a Comment