Semarak! Warga Cicalengka Kulon Menerima Bantuan Pangan

VOKALOKA.COM – Bandung, Pada Kamis (21/09) Pemdes Cicalengka Kulon telah menyalurkan bantuan pangan untuk warga Cicalengka Kulon. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Cicalengka Kulon pada pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Bantuan pangan ini diberikan dalam bentuk beras sebanyak 10 kg untuk setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Bantuan pangan beras ditujukan untuk warga Cicalengka Kulon yang telah terdaftar di DTKS. Kasi Kesejahteraan sekaligus Ketua Puskesos (Pusat Kesejahteraan Sosial) Desa Cicalengka Kulon Hatta Abdurrohman menyampaikan bahwa jumlah penerima bantuan pangan beras pada tahap ke-4 ini tercatat sebanyak 305 KPM. Jumlah ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahap bantuan pangan beras sebelumnya yaitu sebanyak 315 KPM. Hal ini dikarenakan Pemerintah Pusat telah mengeluarkan kebijakan baru mengenai penyaringan DTKS.

"Penurunan jumlah KPM ini disebabkan karena pusat mengeluarkan kebijakan baru yaitu apabila dalam satu KK terdeteksi ada anggota keluarganya yang memiliki gaji UMR/UMD/UMP sekalipun statusnya bukan sebagai kepala keluarga maka secara otomatis akan dikeluarkan dari DTKS. Selain itu apabila ada no NIK yang dipakai untuk pinjol ataupun pinjaman Bang Emok maka bantuannya tidak akan cair malahan akan langsung dikeluarkan juga dari DTKS," Tutur Hatta.

Proses penyaluran bantuan pangan ini melibatkan berbagai pihak diantaranya Badan Pangan Nasional, Bulog, Dinas Sosial, PT. Pos Indonesia, dan Pemerintahan Desa. Bantuan pangan beras ini merupakan program yang dirancang oleh Badan Pangan Nasional kemudian bekerja sama dengan Bulog sebagai penyedia pangan. Untuk proses penyaluran bantuan dilakukan oleh Pos Indonesia kemudian diserahkan ke Pemerintahan Desa. Sedangkan Dinas Sosial dan Puskesos berperan sebagai sumber informasi untuk memperoleh data warga yang berhak menerima bantuan tersebut.

Adapun mekanisme penyaluran bantuan pangan beras dari Pemdes kepada warga yaitu dengan memberikan surat pemberitahuan kepada warga yang berhak menerima. Surat pemberitahuan dibagikan melalui RT setempat kemudian surat tersebut harus dibawa kembali oleh warga penerima saat pengambilan bantuan. Selain Surat pemberitahuan, warga penerima juga diwajibkan untuk membawa photocopy KTP dan KK sebagai bukti identitas. Kemudian pada saat penyerahannya Pemdes melakukan dokumentasi untuk setiap penerima bantuan pangan.

Pemdes Cicalengka Kulon secara rutin melakukan verifikasi secara langsung dalam proses pendataan warga Cicalengka Kulon yang berhak menerima bansos. Hal ini dilakukan oleh Pemdes sebagai upaya agar bansos tersebut dapat tepat sasaran. "Di tingkat pemerintahan desa itu ada yang namanya Puskesos (Pusat Kesejahteraan Sosial) yang bertugas untuk membantu Pemerintah Desa melakukan pendataan dan verifikasi data penerima bansos. Nah proses ini dilakukan melalui aplikasi Dibedasken," Ungkap Hatta.

Dibedasken merupakan website yang dikeluarkan oleh pemerintah Kabupaten Bandung dengan alamat dibedasken.bandungkab.go.id. Melalui website ini Dinas Sosial Kabupaten Bandung memberikan pelayanannya secara online. Salah satunya agar masyarakat Kabupaten Bandung dapat mengakses dan mencari informasi terkait bantuan sosial baik dari pemerintah pusat maupun daerah.

Pemdes Cicalengka Kulon dapat merasakan semaraknya warga dalam menerima bantuan pangan saat ini. Srimara sebagai salah seorang warga Cicalengka Kulon yang menerima bantuan menyampaikan bahwa ia sangat bersyukur bisa mendapatkan bantuan ini. Menurutnya bantuan pangan beras kali ini sangat terasa manfaat olehnya. "Iya tentu bantuan ini meringankan kita dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari apalagi saat ini kan harga beras di pasar tengah naik ya," ucapnya.

Sebagaimana yang diketahui bahwa akhir-akhir ini harga beras masih merangkak naik. Dalam website databooks.katadata.co.id disampaikan bahwa pada bulan September harga beras telah naik 0,5% dari bulan sebelumnya dan naik 13% dari tahun sebelumnya. Sehingga harga beras pada hari ini menjadi rekor harga paling mahal dalam jangka waktu lima tahun terakhir.

Bantuan pangan beras 10 kg yang diberikan pemerintah ini selain bertujuan untuk meringankan beban masyarakat juga agar dapat menjaga inflasi dengan harapan dapat menekan laju kenaikan harga beras. Pada kesempatan yang sama Pemdes Cicalengka Kulon juga berharap dengan adanya bantuan pangan beras 10 kg ini warga dapat terbantu dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

Reporter: Silmi Najmi Anzani

No comments

Post a Comment