Karang Taruna Batununggal Gelar Festival Seni dan Budaya

 
Vokaloka.com, Bandung – Karang Taruna Batununggal menyelenggarakan festival yang mengusung tema "WAAS KAHIJI WAAS NGAHIJI" mulai dari 29 September – 02 Oktober 2023 yang bernama WAAS FESTIVAL 2023, Senin (02/09/2023). 

Kegiatan Waas Festival 2023 ini digelar untuk memperingati ulang tahun Kota Bandung. 

Pemuda Karang Taruna Batununggal sukses menyelenggarakan festival untuk menjadi ruang temu seluruh warga khususnya warga batununggal. Acara ini diselenggarakan selama 3 hari dimulai dari 29 September sampai 02 Oktober 2023. Festival ini merupakan salah satu cara untuk mempererat kekeluargaan warga berdasarkan tema yang disajikan dalam festival tersebut yakni Waas Kahiji Waas Ngahiji.

Waas Festival 2023 menjadi sebuah acara yang menampilan budaya. Festival tersebut memperkenalkan budaya wayang golek dan penampilan lainnya dari warga batununggal. Tujuan diadakannya festival ini agar warga lebih menghargai dan memahami budaya yang ada serta menjadi ajang silaturahmi. 

Festival ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Batununggal dan telah mengundang banyak masyarakat sekitar untuk menyaksikan beragam pertunjukan budaya yang ditampilkan. Selain budaya juga, penampilan dari pentas seni warga menjadi daya tarik warga lainnya untuk menyaksikan. 

Rangkaian acara dari Waas Festival ini menampilkan berbagai pertunjukan, mulai dari seni tradisional hingga padus ibu ibu PKK. Tidak hanya itu, senam sehat juga dilakukan warga untuk mendukung acara Waas Festival ini. 

 Kepala Desa, Ganjar Sukmawibawa mengatakan bahwa festival ini menjadi suatu kebanggaan khususnya untuk warga Batununggal. "Waas Festival bisa dikatakan suatu kebanggaan khususnya bagi warga Batununggal, karena dalam acara ini warga bisa mengekspresikan karya dan budaya yang mereka miliki. Warga Batununggal sangat mengapresiasi adanya festival ini karena acara yang tidak hanya menampilan pentas seni warga tetapi menampilkan budaya," ujarnya, Senin (02/Oktober/2023).

Ketua Karang Taruna Batununggal Rizki Alghifari "Tentunya banyak rintangan dan hambatan yang dilewati untuk mensukseskan acara Waas Festival ini, tetapi tidak menjadi halangan untuk tetap menyelenggarakan festival ini. Segala kreativitas warga digali dan inovasi serta motivasi menjadikan karang taruna Batununggal semangat untuk menyelenggarakan festival tersebut," ujarnya. 

Melalui festival ini, menampilkan berbagai potensi yang ada di warga Batununggal. Mulai dari kreativitas, sampai kemampuan dan keberagaman warga untuk membuat acara besar. Waas Festival meningkatkan kearifan lokal dan budaya yang masih ada di wilayah Kota Bandung. 

Kepala Desa, Ganjar Sukmawibawa mengakui bahwa "adanya festival ini mengembangkan kreativitas warga dan menjadikan warga Batununggal yang aktif juga kompetitif. Selain itu Waas Festival ini mampu membawa budaya yang mulai menghilang dari masyarakat. Waas Festival memang mempersatukan warga dengan bentuk penampilan dan tontonan bersama," ujarnya 

Sudah menjadi budaya bagi warga Batununggal dalam berkreasi dan berpotensi untuk menyelenggarakan festival dengan berbeda beda tema tetapi tetap tujuan yang sama yakni Waas Kahiji Waas Ngahiji, yang berarti satu kesatuan. Satu kesatuan dalam mempererat kekeluargaan sesama warga.

Raudya Tuzzahra, KPI 5D



No comments

Post a Comment