Pentingnya Parenting: Penggerak PKK Cipadung Imbau Masyarakat Awasi Pergaulan Anak

VOKALOKA.COM, Bandung-Pola asuh anak menjadi amat penting bagi tumbuh kembang anak secara psikologis, karenanya setiap orang tua memiliki peran penting untuk memantau dan memastikan baik buruknya pergaulan putra putri mereka. Di zaman yang serba mudah memperoleh informasi ini akan sangat mudah pula menerima informasi berupa gambar, video atau tulisan yang bukan diperuntukkan bagi anak-anak melihat atau mendengarnya.

Pola asuh anak zaman sekarang sangat berbeda dengan zaman dulu, sebab perkembangan teknologi informasi yang pesat menjadi faktor utama pembeda parenting atau pola asuh anak zaman sekarang. Orang tua yang lahir dan tumbuh tanpa hadirnya internet kini dituntut harus mendidik anak-anak mereka di zaman serba digital ini.

Tanggung Jawab sepenuhnya oleh orang tua karena selama hampir 24 jam anak-anak menghabiskan waktu mereka di rumah. Maka rumah menjadi tempat awal di mana anak-anak mendapatkan didikan yang diterima dari kedua orang tua mereka.

Kejahatan di zaman ini bukan hanya secara fisik saja, kejahatan secara non fisik juga marak terjadi. Kejahatan non fisik secara garis besar berasal dari telepon pintar yang sudah sangat lumrah dimiliki setiap individu termasuk anak-anak.

Kejahatan fisik bisa bermula dari cikal bakal kejahatan non fisik yaitu smartphone. Bisa melalui aplikasi media sosial atau situs gelap, seperti kejahatan seksual, transaksi obat-obatan terlarang sampai  judi online semua itu bermula dari telepon genggam yang diberikan orang tua sebagai fasilitas dan kebutuhan anak.

Sebab zaman sekarang smartphone sudah menjadi kebutuhan primer, maka sudah seharusnya setiap orang tua ambil peran untuk mengawasi akses yang ada pada smartphone putra-putrinya. Pada pertemuan rutin PKK Kelurahan Cipadung (22/9/2023), Tim Penggerak PKK Kelurahan menekankan bahwa pentingnya parenting yang baik bagi anak-anak dan remaja.

Dianggap penting untuk ibu-ibu PKK sebagai kader atas terwujudnya kesejahteraan dalam keluarga untuk menerima informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pentingnya parenting. Sebab ibulah yang hampir 24 jam menghabiskan waktu Bersama anak, jadi ibu pula yang akan lebih efektif dalam mendidik dan mengawasi pergaulan anak.

Para ibu juga harus mengerti aplikasi dan situs apa saja yang dijangkau anak-anak, karena sering kali anak-anak berbohong atau enggan bercerita dan mengutarakan apa yang ia rasakan karena menganggap ibunya tak akan paham apa yang dimaksud. Maka dari itu semua orang tua terutama ibu sangat disarankan untuk mengikuti perkembangan teknologi masa kini.

Jika dari rumah sudah teredukasi dengan baik maka kemungkinan besar anak akan terhindar dan berhati-hati dalam berselancar di dunia maya atau media sosial. Jika bukan orang tua siapa lagi yang akan mengawasi dan mengarahkan anak agar tidak terjerumus dalam jurang bahaya dari teknologi.
Maka dari itu himbauan ini harus disampaikan secara berkala dan disosialisasikan dengan rutin agar semua ibu di tingkat kelurahan yakni tingkat yang paling mudah dijangkau dapat menjadi garda terdepan dalam hal parenting. Sebab jika parenting yang diterapkan baik maka pertumbuhan anak secara psikologis juga akan baik.
 
Reporter: Siti Nur Salsabilah 

No comments

Post a Comment