Keunikan Arsitektur dari Desain Masjid Raya Sumatera Barat

Bagi umat muslim, masjid adalah tempat untuk beribadah. Masjid dipenuhi oleh orang-orang yang beragama Islam saat adzan berkumandang untuk melaksanakan salat berjama'ah. Selain sebagai tempat beribadah, masjid juga sering digunakan sebagai tempat untuk belajar, seperti mengaji, dan berbagi pengetahuan agama. Masjid biasanya dibangun dengan cara yang unik dan nyaman; hal ini tidak hanya menjadi daya tarik, tetapi juga dapat menjaga kenyamanan.

Masjid Agung Sumatera Barat adalah salah satu masjid di Indonesia yang memiliki ciri khas arsitektural. Masjid ini terletak di Jalan Chatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, dan menarik karena tidak memiliki kubah seperti masjid biasa. Bangunan masjid ini terdiri dari tiga lantai yang masing-masing digunakan untuk berbagai tujuan.

Bangunan masjid ini terdiri dari tiga lantai yang masing-masing digunakan untuk berbagai tujuan. Masjid ini memiliki bentuk persegi lancip dengan empat penjuru, mengingatkan pada bentuk kain yang digunakan oleh empat kabilah Quraisy di Mekkah. Selain itu, bentuk ini menggambarkan atap bergonjong dari rumah adat Minangkabau, juga dikenal sebagai rumah gadang.

Pada awalnya, sebuah sayembara dilakukan untuk menemukan desain arsitektur masjid di Sumatera Barat. Tim yang terdiri dari Muh. Yuliansyah, Ropik Adnan, dan Irvan P. Darwis, dipimpin oleh Rizal Muslimin. Berbeda dengan masjid-masjid biasa di Sumatera Barat yang berbentuk Gonjong.

Masjid Sumatera Barat mungkin memiliki daya tarik karena memiliki desain yang unik dan menarik. Laman berita juga menyatakan bahwa Masjid raya Sumatera Barati Padang dinobatkan sebagai salah satu masjid dengan desain arsitektur terbaik di dunia. Menurut artikel yang diterbitkan pada 22 Desember 2021 oleh Kumparan Travel, "Penghargaan Abdullatif Al Fozan untuk Arsitektur Mesjid."

Masjid di Sumatera Barat mungkin menarik karena memiliki desain yang unik. Laman berita juga menulis bahwa Masjid raya Sumatera Barati Padang dinobatkan sebagai salah satu masjid dengan desain arsitektur terbaik di dunia. "Penghargaan Abdullatif Al Fozan untuk Arsitektur Mesjid", menurut artikel yang diterbitkan oleh Kumparan Travel pada 22 Desember 2021.

 

Reporter : Muhammad Khaliq

No comments

Post a Comment