Pelaksanaan Penjaringan Pemeriksaan Kesehatan dan BIAS di SDN 251 Jamika

Pelaksanaan Penjaringan Pemeriksaan Kesehatan dan BIAS di SDN 251 Jamika


UPTD Puskesmas Sukapakir melaksanakan kegiatan penjaringan pemeriksaan kesehatan dan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SDN 251 Jamika, sebagai upaya untuk menjaga kesehatan dan mendukung keberlanjutan pendidikan. Kegiatan ini diadakan pada hari Jum'at (01/12/2023), diikuti oleh siswa-siswa kelas 1-3 dengan antusiasme tinggi.


Pemeriksaan kesehatan melibatkan tim medis yang terdiri dari dokter dan perawat dari UPTD Puskesmas Sukapakir. Setiap siswa menjalani serangkaian pemeriksaan, termasuk pemeriksaan suhu tubuh, tekanan darah, dan pemeriksaan kesehatan umum. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendeteksi dini potensi masalah kesehatan dan memberikan tindakan preventif yang dibutuhkan.


Selain itu, Bulan Imunisasi Anak Sekolah juga dilaksanakan untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakt campak, rubella, difteri, tetanus dan kanker serviks. Program BIAS sangat penting, karena sejak anak mulai memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika bayi. Oleh karena itu pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulang pada anak usia sekolah dasar sederajat yang pelaksanaanya serentak di Indonesia dengan nama BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah).


Kepala Sekolah SDN 251 Jamika, Rina Irmawaty, menyatakan, "Kesehatan dan pendidikan adalah dua aspek yang sangat penting dalam perkembangan anak-anak. Kami berkomitmen untuk memberikan lingkungan pendidikan yang sehat dan mendukung bagi semua siswa kami."


Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain dalam memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan siswa. Semoga hasil pemeriksaan kesehatan dan bantuan insentif siswa ini dapat memberikan manfaat positif bagi perkembangan pendidikan di SDN 251 Jamika.


Reporter: Muhamad Dhika Buldansyah

No comments

Post a Comment