Kelurahan Cipadung Wetan Sigap Hadapi Musim Penghujan

VOKALOKA.COM, Bandung –Jelang musim penghujan, kelurahan Cipadung wetan mengikuti alur program Mapag Hujan dari pemerintah kota Bandung (5/8/2023).

Mapag Hujan merupakan salah satu program penanganan banjir yang dilakukan sebelum musim penghujan untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang dapat melanda di beberapa titik di kota Bandung. 

"Menjelang musim penghujan diharapkan setiap sungai selokan itu bebas dari sampah biar tidak banjir, jadi aliran sungainya tidak tersendat" jelas Ibu Lurah.

Untuk mempersiapkan kegiatan Mapag Hujan, kelurahan Cipadung wetan memulai dengan apel pagi. Kegiatan Mapag Hujan tingkat kelurahan Cipadung Wetan bertempat di sungai Cimaleta sepanjang sungai dari RW 3 sampai RW 6 dengan estimasi waktu 08.15 – 10.30 WIB. 

Kegiatan ini diikuti oleh Kasie Tantrib Kecamatan Panyileukan, seluruh ASN dan non ASN Kelurahan Cipadung Wetan dan tidak tanggung-tanggung bapak lurah Cipadung Wetan pun ikut turun tangan dalam pembersihan sungai. Keesokan harinya, dilanjut pembersihan sungai Cimaleta oleh petugas Gober untuk memaksimalkan.

Perbandingan sangat terlihat ketika sungai Cimaleta sudah dibersihkan. Walaupun seremonial Mapag Hujan hanya dilakukan satu tahun sekali oleh pemerintah kota Bandung tetapi kelurahan Cipadung wetan selalu giat membersihkan sungai-sungai yang ada di sekitar kelurahan tersebut, sehingga tidak tergolong kategori mudah banjir.

Gerakan ini sangat krusial untuk mengantisipasi bencana yang kerap terjadi di musim penghujan. BMKG memprediksi musim hujan mulai terjadi di bulan November mendatang.

Oleh,
Syafira Wulan Diar
Mahasiswi KPI UIN Bandung 



No comments

Post a Comment